Fajar/Rian gagal, Jepang juara umum German Open

Indonesia gagal meraih gelar turnamen German Open 2018. Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menjadi satu-satunya harapan tak mampu melewati rintangan pada partai puncak.

Dalam laga final di Innogy Sporthalle, Mulheim an der Ruhr, Jerman, Minggu (11/3/2018), unggulan ketujuh tersebut kalah straight game 16-21, 18-21 dari unggulan keenam asal Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko.

Hasil ini sekaligus menambah panjang daftar kekalahan Fajar/Rian dari pasangan Jepang tersebut. Kini, mereka tertinggal 0-4 dalam rekor pertemuan setelah kalah dalam Thailand Open 2016 serta Malaysia Masters dan Japan Open 2017.

Jika hasil ini menyisakan kegetiran bagi Indonesia karena tanpa gelar dalam German Open, hal sebaliknya justru terjadi pada Jepang. Negeri Matahari Terbit ini menjadi juara umum karena semua finalisnya meraih gelar.

Sebelum Inoue/Kaneko, Jepang sudah meraih gelar dari sektor ganda putri dan tunggal putri. Pasangan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota mengalahkan ganda putri China, Huang Dongping/Yu Zheng, sedangkan Akane Yamaguchi menaklukkan tunggal putri China, Chen Yufei. Ini juga membuat China nirgelar.

Pada awal gim pembuka, Fajar/Rian sempat mengimbangi permainan Inoue/Kaneko. Bahkan juara Malaysia Masters 2018 ini sempat unggul 11-9 saat interval.

Namun setelah itu, pasangan Indonesia tersebut justru tertekan sehingga Inoue/Kaneko sukses membalikkan keadaan dengan mencetak 4 angka beruntun. Mereka terus menjauh dan menang 21-16.

Pada gim kedua, Fajar/Rian tampil lebih agresif sehingga unggul 4-1 dan terus berada di depan hingga 11-6 saat interval. Mirip gim pertama, setelah itu pasangan Jepang tersebut bisa membalikkan keadaan dan menyudahi laga dengan kemenangan 21-18 sekaligus meraih gelar pertama pada tahun 2018.

Comments