Sebastian Vettel Lolos dari Penalti Lima Grid

Sebastian Vettel terhindar dari penalti pada balapan seri ke-16 Formula 1 di Sirkuit Suzuka, Jepang, akhir pekan ini. Hasil analisis Ferrari memperlihatkan bahwa gearbox pebalap asal Jerman itu tidak rusak sehingga masih bisa digunakan.

Pada GP Malaysia akhir pekan lalu, Vettel terlibat insiden tabrakan dengan pebalap Williams, Lance Stroll, saat berlangsungnya “slow down lap” selepas balapan. Ketika itu bagian belakang mobil Vettel tertabrak hingga mengalami rusak berat.

Kondisi tersebut menimbulkan spekulasi Vettel akan mendapat penalti lima grid saat GP Jepang. Hukuman penurunan lima posisi saat start itu diberikan jika peraih empat gelar juara dunia F1 ini harus menggunakan gearbox baru.

Menurut peraturan, seorang pebalap tidak diperkenankan mengganti gearbox bila belum melalui enam balapan berturut-turut. Sementara itu gearbox yang digunakan Vettel saat di Sirkuit Sepang, Malysia, baru digunakan satu kali karena dipasang saat GP Singapura yang berlangsung sebelum GP Malaysia.

Ternyata spekulasi itu salah. Dari hasil tes setelah Ferrari mengirim gearbox Vettel itu ke pabrik di Maranello, dinyatakan bahwa perangkat tersebut masih layak pakai sehingga Vettel akan menggunakannya saat latihan bebas terakhir di Suzuka, Sabtu (7/10/2017).

Vettel saat ini terpaut 34 poin dari pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, yang ada di puncak klasemen sementara. Dia gagal meraih hasil maksimal di Singapura dan Malaysia meskipun mobilnya memiliki potensi menjadi pemenang.

Comments