Ducati siap pertahankan Dovizioso dan Lorenzo

Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, mengatakan timnya siap menjalani “negosiasi sulit” untuk mempertahankan Andrea Dovizioso untuk musim MotoGP 2019.

Dovizioso menikmati sebuah musim terobosan dengan pabrikan Italia asal Italia itu pada tahun lalu. Dia memenangi tidak kurang dari enam balapan dan mengikuti pertarungan kejuaraan dengan Marc Marquez hingga balapan terakhir.

Namun, pebalap berusia 31 tahun itu berada di luar kontrak pada akhir 2018.

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Italia, Corriere dello Sport, Ciabatti mengakui bahwa Dovizioso kemungkinan akan menuntut gaji yang sama dengan yang terbaik di MotoGP untuk tetap berada di skuad yang telah dia jalani sejak 2013.

Dia menggarisbawahi bahwa preferensi Ducati adalah mempertahankan kedua pebalapnya saat ini, yakni Dovizioso dan juara dunia tiga kali, Jorge Lorenzo.

“Tentunya kami ingin mempertahankan kedua pebalap, tetapi anggaran kami terbatas dan kami tidak bisa membelanjakan semuanya dalam satu arah sambil mempertahankan margin untuk membangun tim,” kata Ciabatti.

“Kami sadar Dovizioso mengharapkan tawaran sesuai dengan hasil terakhirnya. Hal itu, harus dikatakan, bukan hanya berkat pengembangan pribadi yang hebat dan performanya yang luar biasa, melainkan juga karena daya saing Ducati. Enam balapan tidak dimenangkan secara tidak sengaja,” ujarnya.

“Kami akan mulai berbicara dengan Andrea Dovizioso segera, tentang masalah finansial dan teknis. Dia mengharapkan gaji sesuai dengan pembalap top lainnya. Ini akan menjadi negosiasi yang sulit. Kami akan mulai berbicara setelah tes Sepang pada akhir bulan ini,” ujarnya.

Tahun lalu, Dovizioso mengungkapkan bahwa ia telah didekati oleh Honda tentang potensi kembalinya ke tim yang pernah dibelanya pada 2009-2011 jika pabrik asal Jepang itu kehilangan Dani Pedrosa ke Yamaha.

Namun, Honda dan Yamaha sama-sama menyangkal bahwa mereka berusaha merekrut Dovizioso pada 2019.

Comments