Indonesia bukukan kemenangan 3-1 atas Kamboja

Indonesia berhasil mengalahkan Kamboja 3-1 pada laga ujicoba internasional di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (4/10) malam.

Laga tersebut memanfaatkan kalender FIFA dan menjadi satu-satunya pertandingan yang dimainkan timnas Indonesia senior bulan ini. Meski demikian, ujicoba melawan Kamboja tidak tercatat dalam kalender resmi FIFA. Pasalnya, pendaftaran pertandingan dilakukan di luar tenggat yang ditetapkan oleh FIFA.

Pelatih Luis Milla tidak menyertakan Boaz Solossa sehingga jabatan kapten tim diemban oleh bek Madura United, Fachrudin Aryanto. Milla juga memasang Rezaldi Hehanusa, Febri Hariyadi, dan Septian David Maulana, tiga pemain muda bersinar pada SEA Games Kuala Lumpur dua bulan lalu, sebagai pemain inti. Seharusnya malam ini menjadi laga berkesan bagi Rezaldi dan Septian karena masing-masing menyumbangkan gol.

Pertemuan kedua tim merupakan reuni Milla dengan pelatih Kamboja asal Brasil, Leonardo Vitorino, setelah keduanya juga saling berhadapan di SEA Games. Saat konferensi pers prapertandingan, Milla meminta maaf atas ulah Marinus Wanewar pada laga tersebut. Vitorino tak lagi mempersoalkannya, malah gembira bisa menguji kekuatan dengan timnas Indonesia senior.

Tempo permainan berlangsung cepat, malah terkesan buru-buru bagi tuan rumah. Sejumlah peluang didapat Indonesia dengan mengandalkan kecepatan yang dimiliki kedua pemain sayapnya, Andik Vermansah dan Febri. Peluang pertama didapat Lerby Eliandry pada menit ke-11 ketika tendangan volinya diblok oleh kiper Sou Yaty. Tujuh menit berselang, giliran Septian yang memberikan ancaman. Namun, dua tendangannya tidak tepat sasaran. Sementara itu, tembakan lob cerdik Andik mampu ditepis Yaty.

Indonesia akhirnya berhasil menyarangkan gol pada menit ke-32. Umpan tendangan penjuru Febri denganjitu disundul oleh Lerby. Rezaldi menggandakan keunggulan dua menit sesudahnya. Akselarasi Andik Vermansah di sayap kiri diakhiri dengan sebuah umpan pendek. Tembakan Rezaldi diblok oleh bek Kamboja, tetapi bola muntah membentur tubuhnya dan lantas bergulir masuk ke dalam gawang. Skor 2-0 saat turun minum.

Kamboja melakukan perbaikan signifikan pada paruh kedua pertandingan. Mereka lebih berani menguasai bola dan melakukan permutasi yang cerdik. Chan Vathanaka menciptakan gol balasan pada menit ke-47 setelah memanfaatkan umpan terobosan. Sayangnya, satu menit kemudian Indonesia kembali menjauh. Septian memanfaatkan kesalahan penguasaan bola pemain Kamboja untuk melesakkan gol ketiga tuan rumah.

Kamboja menciptakan sejumlah peluang berbahaya melalui set piece. Sebaliknya, kekompakan permainan Indonesia jauh menurun dengan dimasukkannya sejumlah pemain pengganti. Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly yang dimainkan tidak berhasil menambah keunggulan tuan rumah. Kiper Andritany Ardiyasa bahkan dipaksa berkonsentrasi hingga menit terakhir supaya Kamboja tidak mampu memperkecil ketinggalan.

Setelah tiga menit tambahan waktu, wasit Sukhbir Singh asal Singapura akhirnya menyudahi pertandingan dengan kedudukan 3-1 di papan skor berpihak kepada tim Merah-Putih.

Comments