15 klub Liga 1 Indonesia lancarkan ancaman mogok

Mayoritas klub peserta Liga 1 Indonesia melakukan pertemuan di Jakarta, Rabu (4/10), dan menyuarakan sejumlah tuntutan kepada operator, PT Liga Indonesia Baru (LIB). Jika tidak dipenuhi, mereka mengancam mogok.

Sebanyak 15 perwakilan klub menghadiri pertemuan tersebut. Mereka menamakan diri sebagai Forum Klub Sepakbola Profesional Indonesia (FKSPI). Hanya tiga klub yang tidak ikut, yaitu Persib Bandung, Bali United, dan PS TNI.

Dalam sesi jumpa pers, FKSPI mengeluhkan tata kelola kompetisi. Mereka menuntut sejumlah transparansi kepada PT LIB. Sejumlah keputusan operator dianggap sepihak, tanpa melibatkan klub. Contohnya antara lain adalah penggunaan wasit asing, pengelolaan jadwal, distribusi pendapatan hak siar, pemilihan siaran langsung pertandingan, hingga gaji pemain yang dipanggil memperkuat tim nasional.

“Kami dapat mengerti hasil evaluasi operator pada putaran pertama [kompetisi], tetapi kami ingin mengundang PT LIB untuk menjelaskan hasil evaluasi lebih konkret. Karena tidak ada rasa empati yang bagus kepada kami dari PT LIB, atau tidak menganggap kami mitra yang setara, akhirnya kami melakukan evaluasi sendiri,” cetus Gede Widiade, yang juga direktur utama Persija Jakarta, dilansir Goal Indonesia.

FKPSI mengaku belum menerima pengembalian surat perjanjian yang menjadi dasar hukum atas keikutsertaan di Liga 1. Mereka sudah mengajak PT LIB untuk melakukan diskusi, tetapi tidak mendapatkan tanggapan. Dalam 14 hari ke depan, PT LIB diminta mengirim surat perjanjian yang dimaksud. Jika tidak, FKPSI tidak segan melancarkan aksi mogok.

“Sejauh ini, 15 klub ini berkesimpulan ada beberapa aspek penting dari ekspektasi sepak bola kita yang digadang-gadang memajukan aspek sepakbola profesional yang belum menyeluruh, [yaitu] aspek bisnis, aspek teknis, dan aspek legal,” bilang asisten manajer Barito Putera, Syarifuddin Ardasa.

“Ini menjadi penting karena kita ingin melihat sepakbola profesional. Ini sangat mencemaskan jika berlanjut ke musim depan.”

Liga 1 telah memasuki pekan ke-27 dan untuk sementara Bhayangkara FC memimpin klasemen dengan keunggulan lima poin di depan Bali United.

Comments