Sterling pastikan kemenangan City lewat gol dramatis

Sterling memastikan kemenangan The Citizens di menit akhir pertandingan pada lanjutan Liga Primer Inggris, Kamis (30/11) dini hari, melawan Southampton.

Permainan City langsung nampak di awal laga. Guardiolismo sukses mengantarkan City untuk menguasai jalannya laga dengan tempo tinggi. Namun, skema bertahan total yang diterapkan oleh Soton membuat anak asuh Pep Guardiola ini berkali-kali gagal membobol gawang Fraser Forster.

City mengawali peluang lewat Fabian Delph di menit ketiga. Tendangan keras kaki kirinya dari luar kotak pinalti hanya menyamping di sisi kanan gawang Forster. Setelah itu, Kevin De Bruyne, dkk terus menekan jantung pertahanan Southampton. Keasyikan menyerang, anak asuh Mauricio Pellegrino ini justru mampu membuat gawang City terancam. Maya Yoshida memberikan umpan dengan kepalanya hasil situasi tendangan pojok. Bola mentah itu kemudian diarahkan Wesley Hoedt ke gawang Ederson. Sayang, sundulannya hanya membentur tiang gawang.

Kesigapan Forster mengawal di bawah mistar gawang Southampton membuat Manchester City frustrasi. Pasalnya peluang demi peluang yang diciptakan anak asuh Guardiola ini selalu menemui jalan buntu. Sejumlah upaya yang dilakukan Raheem Sterling, Gabriel Jesus, De Bruyne, dan Sergio Aguero tak mampu mengubah kedudukan hingga babak pertama berakhir dengan skor sama kuat.

City berhasil mengubah keadaan hanya dua menit setelah peluit babak kedua dimulai. Kevin De Bruyne yang menghadapi bola tendangan bebas, memberika umpan ke tiang dekat. Sial, bola yang dimaksudkan dihalau oleh Virgil van Dijk justru membelok mengarah ke gawang.

Berada di atas angin, City terus-menerus menekan pertahanan Soton. Berkali-kali upaya City untuk menggandakan keunggulan selalu gagal diblok oleh Forster, dkk. Justru Southampton lah yang mampu menyamakan kedudukan di menit ke-75. Melalui situasi serangan balik, winger asal Maroko, Soufiane Boufal berhasil melakukan umpan tarik yang berhasil dimanfaatkan Oriol Romeu.

Mental juara City terbukti ketika tambahan enam menit di masa injury time berhasil dimanfaatkan untuk mengunci kemenangan. Sterling kembali menjadi penentu kemenangan, seperti saat melawan Huddersfield pekan lalu. Bola operan De Bruyne berhasil dimanfaatkan dengan tendangan lengkung yang indah untuk memperdaya Forster.

Hasil itu membawa City tetap kokoh di puncak klasemen selisih delapan poin dari pesain sekaligus tetangga terdekatnya, Manchester United.

Comments