Chelsea menang tipis atas Swansea

Chelsea sukses menjaga posisi mereka di empat besar klasemen Liga Primer Inggris musim ini setelah memetik kemenangan tipis 1-0 saat menjamu Swansea City di Stamford Bridge, Kamis (30/11) dini hari WIB.

Anak asuh Antonio Conte tampil dominan di depan publik sendiri. Laga baru berjalan 13 menit, Alvaro Morata mengancam gawang Swansea yang dijaga Lukasz Fabianski. Tiga menit berselang, giliran Davide Zappacosta yang mengancam lewat tendangan kaki kirinya dari luar kotak pinalti. Kedua peluang di awal laga itu tak mengubah kedudukan.

Dominasi Chelsea pada pertandingan ini sangat terasa dengan statistik yang dicatat sepanjang laga. Penguasaan bola The Blues berhasil menyentuh angka 69% sepanjang pertandingan, dengan 21 tembakan—sepuluh di antaranya menyasar ke gawang. Berbanding terbalik dengan Swansea yang hanya mencatat dua tembakan sepanjang laga.

Penampilan apik kiper asal Polandia ini menggagalkan berbagai peluang tuan rumah. Di menit 19 dan ke-22, Fabianski lagi-lagi berhasil mengamankan gawang hasil upaya pemain asal Spanyol, Pedro.

Laga sempat diwarnai kericuhan saat Conte diusir dari tepi lapangan, dua menit sebelum turun minum. Manajer asal Italia itu diusir setelah ia melakukan protes keras karena wasit tak memberikan sepak pojok bagi Chelsea. Hingga akhir pertandingan, asisten manajer, Angelo Alessio, menggantikan posisi Conte di bench pemain.

Gelombang serangan yang terus dilancarkan anak-anak The Blues baru terbayar dengan gol yang dibuat Antonio Rudiger di menit ke-55. Bek asal Jerman itu sukses memperdaya Fabianski dan mencatatkan dirinya pada papan skor. Tendangan N’Golo Kante dari luar kotak pinalti berhasil diblok bek Swansea. Namun, bola mentah hasil blok itu mengarah ke Rudiger dan memanfaatkannya dengan sundulan bola yang membobol gawang Fabianski.

Akibat gol tersebut, Chelsea semakin di atas angin untuk menguasai permainan dan berusaha menambah gol. Namun, aksi-aksi yang dibuat Willian, Pedro, dan Morata sejak awal laga berhasil dipatahkan Fabianski. Untuk menambah daya dobrak, Alessio memasukkan Eden Hazard. Masuknya Hazard belum mampu menggandakan keunggulan hingga akhir laga.

Tambahan tiga angka di laga pekan ke-14 ini membuat The Blues mempertahankan posisi ketiga klasemen dengan koleksi 29 poin sekaligus kembali mendekatkan jarak dengan Manchester United yang berada satu tingkat di atas mereka dengan selisih tiga angka.

Comments