Buffon buka kemungkinan kembali perkuat Italia

Meski baru mengumumkan pensiunnya membela timnas akhir bulan ini, Gianliugi Buffon tetap membuka pintu untuk membela Gli Azzurri.

Hanya dua minggu setelah gantung sepatu dari tim nasional Italia, Gianliugi Buffon menyatakan siap untuk membela timnas kembali jika dipercaya. Hal ini diungkapkannya pada Gran Gala del Calcio di Milan, Senin (27/11), lalu.

Pemain berusia 39 tahun itu sempat menangis kala Italia gagal membawa Italia menuju Piala Dunia 2018 setelah kalah agregat dari Swedia. Meski sempat berpamitan dengan publik sepak bola Italia, akhirnya dirinya membuka kemungkinan untuk kembali berseragam biru langit.

“Aku beristirahat dari tim nasional,” ungkapnya. “Dengan Juventus dan untuk tim nasional, aku selalu membayangkan diriku adalah seorang tentara. Bahkan di usia 60 tahun, aku tak akan menolak panggilan karena aku punya konsep negarawan dalam diriku.”

Meski pelatih Italia, Gian Piero Ventura, akhirnya dipecat karena hasil memalukan ini dianggap sebagai kegagalannya. Namun, Buffon tak ingin menyalahkan pelatih berusia 69 tahun itu.

“Ventura telah melakukan tugasnya dengan baik, tetapi sayangnya kami gagal mencetak gol di dua pertandingan melawan Swedia,” ungkapnya.

Kiper Juventus itu baru saja menerima penghargaan untuk pemain Italia terbaik dan kiper Italia terbaik untuk semua pencapaiannya. “Aku sangat bahagia dan bangga. Aku tidak pernah berpikir akan mendapatkan tropi ini. Dan aku akan menggegamnya erat karena aku tak pernah memenangkannya di masa muda,” tutupnya.

Comments