Presiden La Liga inginkan teknologi VAR

Ia menginginkan teknologi VAR dipakai setelah gol Messi saat melawan Valencia tak disahkan wasit.

Presiden La Liga Spanyol, Javier Tebas, mengungkapkan bahwa dirinya menginginkan teknologi video assistant referee (VAR) diterapkan di La Liga musim depan. Hal ini diungkapkannya dalam menanggapi ‘gol’ Lionel Messi yang tak disahkan wasit saat melawan Valencia, Senin dini hari (27/11) lalu.

Dalam tayangan ulang, memang jelas terlihat bahwa tendangan Messi telah melewati garis gawang Valencia yang dijaga Neto. Tendangan Messi ke arah gawang tak mampu diamankan Neto secara sempurna. Bola muntah tersebut melewati di antara dua kaki sebelum melewati garis gawang. Kemudian Neto yang menyadari hal ini segera membuang bola dengan tangannya. Namun, hakim garis tak melihat kejadian ini untuk disahkan menjadi gol.

Tebas mengatakan bahwa hadirnya teknologi VAR kejadian serupa tak terulang lagi sehingga tak merugikan sepak bola itu sendiri. “Gol itu telah dilihat seluruh Spanyol dan dunia,” ungkap Tebas. “Jika saya mengatakan itu bukan gol, maka Anda akan memberitahu jika saya buta. Itu jelas gol dan kami berharap VAR akan menyelesaikan masalah ini di musim depan. Kami akan bekerja sehingga musim depan kami memiliki VAR,” tutupnya.

Kapten Barcelona, Andres Iniesta, juga menyayangkan kontrovesi tersebut dan berharap teknologi VAR segera digunakan. “Semua melihatnnya, kecuali mereka yang benar-benar harus melihatnya,” ungkapnya. “Itu jelas-jelas gol. Sebuah hal memalukan, karena di dalam permainan ini penggunaan teknologi adalah hal ideal. Saya yakin yang bertanggung jawab atas hal ini telah mencatat kejadian ini jadi teknologi bisa diimplementasikan dan kita bisa menghindari masalah seperti ini.”

Alasan utama mengapa teknolog VAR tidak dipakai di La Liga musim ini adalah karena pemangku kompetisi harus berunding terlebih dahulu dengan federasi sepak bola Spanyol untuk mencapai kata sepakat. Penggunaan teknologi VAR juga harus disetujui oleh induk sepak bola internasional, FIFA.

 

Comments