Chapecoense rayakan keberhasilan bertahan di liga teratas Brazil

Setahun pasca tragedi yang menimpa seluruh tim, Chape berhasil bertahan di kompetisi teratas Brazil.

Chapecoense berhasil memastikan diri bertahan di kompetisi Serie A Brazil setelah membungkan tim tamu Vitoria, Kamis (16/11). Dua gol diciptakan oleh Arthur Caike pada (menit 25) dan Tulio de Melo (78). Sedangkan gol tim tamu dicetak oleh David Fonseca (20).

Hasil tersebut memastikan Chapecoense bertahan di Serie A, meski masih tersisa tiga pertandingan lagi. Seperti diketahui Chapecoense sempat diberikan hak imunitas dari degradasi setelah seluruh tim menjadi korban dalam kecelakaan pesawat, 28 November tahun lalu. Hak tersebut ditolak pihak klub dengan alasan mereka mampu membuktikan diri di tengah musibah yang menimpa 77 orang termasuk pemain dan staf pelatih.

Chape bermain baik di awal musim. Bahkan mereka sempat menduduki peringkat teratas Liga Brazil di bulan Mei. Ketidakkonsistenan membuat Chapecoense terus turun peringkat dan sempat terjerat jaring degradasi. Mereka sempat dua kali berganti pelatih hingga di akhir musim mampu lepas dari jerat itu.

Pencapaian itu membuat seluruh pemain, staf pelatih, dan direktur klub meneriakkan “Vamos Vamos Chape” di ruang ganti mereka. Setahun yang lalu, sebuah video dengan chant yang sama muncul di berbagai negara. Diketahui, video yang tersebar itu adalah perayaan kemenangan tim Chapecoense yang berhasil mengalahkan San Lorenzo di semifinal Copa Sudamericana. Perayaan kemenangan tahun lalu tersebut adalah aktivitas yang terakhir kali terekam sebelum bertandang ke Kolombia melawan Atletico Nacional.

Comments