Liga Primer Inggris bakal tentukan sistem pendapatan distribusi hak siar

Klub-klub Liga Primer Inggris bersiap mendiskusikan rencana distribusi pendapatan hak siar mancanegara.

CEO EPL Richard Scudamore berada dalam tekanan sejumlah klub top yang menghendaki sejumlah perubahan pada sistem saat ini yang membagi pendapatan secara merata.

Dua puluh klub menerima pembagian 100 persen secara merata, yang artinya musim lalu mereka mendapat pemasukan kira-kira sebesar 39 juta pound.

Proposal baru yang diajukan Scudamore akan membagi 35 persen pendapatan hak siar mancanegara sesuai dengan posisi klub pada klasemen akhir, sedangkan 65 persen sisanya dibagi secara merata.

Tim enam besar — Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur, Chelsea, Arsenal, dan Liverpool — diperkirakan mendukung penerapan sistem baru tersebut.

Klub-klub yang menerima pemasukan terbesar dapat menerima pemasukan yang lebih besar dari pangsa pasar internasional mengingat popularitas yang dimiliki.

Perubahan sistem ini harus disetujui oleh minimal dua pertiga klub Liga Primer. Pekan lalu, 14 klub lain melakukan pertemuan yang juga dihadiri oleh Scudamore. Sembilan di antaranya setuju usulan rencana baru tersebut.

Pertemuan lanjutan dijadwalkan digelar Rabu (4/10) ini dan nasib proposal baru itu akan ditentukan dalam voting.

Comments