Lima pemain dengan kartu kuning terbanyak Liga Primer Inggris

Sejak Inggris mengubah format kompetisi menjadi Liga Primer pada 1992 silam, tercatat ada banyak pemain yang gemar mengoleksi kartu kuning. Siapa saja mereka? Berikut Fox Sports Asia hadirkan daftarnya!

1. Gareth Barry

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini mengawali kariernya bersama Aston Villa. Di sana, ia bermukim selama lebih dari satu dekade sebelum kemudian merapat ke Manchester City dan meraih sukses.

Di usianya yang sudah tidak lagi muda, Barry, 37 tahun, sekarang berkarier untuk West Bromwich Albion dan menjadi pemegang rekor penampilan terbanyak di Liga Primer dengan catatan 653 laga, melebihi Ryan Giggs yang hanya mengukir 632 penampilan.

Lebih dari itu, ia juga memegang rekor sebagai pemain dengan jumlah kartu kuning terbanyak. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 123!

2. Wayne Rooney

Siapa sangka sosok bertubuh gempal ini rajin mengoleksi kartu kuning. Wayne Rooney di awal kariernya memang dikenal temperamental, namun permainannya menjadi lebih kalem seiring usianya yang kian matang.

Topskor sepanjang masa Manchester United itu tak bisa dibantah merupakan salah satu legenda Inggris, tapi permainan keras yang ada dalam dirinya membuatnya jadi runner-up untuk urusan kartu kuning, dengan ia mengoleksi 102 buah!

3. Lee Bowyer

Ketika membicarakan Lee Bowyer, yang paling diingat adalah insiden perkelahiannya dengan Kieron Dyer yang tak lain merupakan rekan satu timnya di Newcastle United. Kejadian itu terjadi beberapa tahun lalu melawan Aston Villa, hingga memaksa wasit mencabut kartu merah untuk keduanya.

Selain sosoknya yang keras, Bowyer dipandang sebagai salah satu pemain yang matang di Liga Primer. Ia pernah memperkuat sejumlah klub di kasta tertinggi seperti Leeds United, West Ham United, Newcastle hingga Birmingham City.

Dan dari kariernya yang berlangsung selama puluhan tahun tersebut, Bowyer secara total mengoleksi 99 kartu kuning di Liga Primer.

4. Kevin Davies

Legenda Bolton Wanderers ini begitu diperhitungkan ketika masih merumput di level tertinggi. Kevin Davies adalah salah satu sosok yang seperti tidak dimakan zaman karena sanggup bermain hingga usia senja. Ia bahkan baru pensiun pada 2015 kemarin di usia 38 tahun.

Meski begitu, eks striker yang pernah memperkuat Southampton, Blackburn Rovers hingga Bolton itu dikenal gemar mengoleksi kartu kuning saat masih merumput di Liga Primer. Ia bahkan menyamai Bowyer soal jumlah koleksi, yakni 99 buah!

5. Paul Scholes

Membicarakan kartu kuning tidak langkap tanpa Paul Scholes. Sosok berjuluk The Ginger Prince ini merupakan salah satu legenda Manchester United dengan koleksi trofi berjejer, namun ia juga dikenal tidak piawai dalam melakukan tekel.

Scholes kerap kali melanggar pemain lawan bahkan dalam situasi yang tidak berbahaya. Dan jika ada satu celah dalam permainannya, itu adalah soal tekel! Adapun selama berkarier memperkuat United, Scholes mengoleksi total 97 kartu kuning.

Comments