5 Kandidat Kuat Perebut Sepatu Emas Piala Dunia 2018

Oleh: Atrayo Bhattacharya

Piala Dunia adalah panggung bagi mimpi para pesepakbola untuk berlaga di dalamnya. Beberapa dari mereka bahkan bermimpi untuk mencetak gol di ajang tersebut dengan mengenakan seragam kebesaran negara masing-masing. Bersamaan dengan suasana yang mewakili negara mereka di ajang terbesar dengan ekspektasi tinggi, keadaan seperti itu adalah hal-hal nyata yang tak bisa dijelaskandengan kata-kata.

Lalu bagaimana dengan menyelesaikan Piala Dunia sebagai pencetak gol terbanyak? Tentu saja itu adalah hal yang luar biasa. Memenangkan sepatu emas dengan menjaringkan gol sebanyak-banyaknya di ajang prestisius empat tahunan ini.

Sepatu emas merupakan penghargaan dan penghromatan untuk setiap setiap pemain baru yang mencatatkan namanya dalam kategori tersebut dan berbagi podium dnegan nama besar seperti Eusebuio, Gerd Muller, Ronaldo dan Miroslav Klose.

Berbicara tentang kemungkinan skenario sepakbola saat ini, ada banyak pemain yang memiliki kemampuan untuk maju selangkah lebih depan dalam perebutan gelar ini dan menjadikan nama mereka sejajar dengan pemain elit kelas dunia. Para kandidat peraih gelar ini kebanyakan dari mereka adalah yang telah membuktikan dirinya di kompetisi domestik, namun tetap saja, mereka membutuhkan rekan tim nasional mereka untuk membukakan kesempatan tersebut agar mencapai prestasi ini.

5. Cristiano Ronaldo (Portugal/Real Madrid)

Sangat sulit untuk tidak mencantumkan pemuda asal Madeira ini di dalam urusan mencetak gol. Ronaldo memulai musim 2017/18 dengan sangat lambat bersama Real Madrid namun seiring waktu berjalan, andalan tim nasional Portugal ini memulai rutin lagi dalam mencetak gol.

Salah satu penampilan terbaiknya adalah saat meriah kesuksesan di Liga Champions Eropa yang mengantarkan Real Madrid meraih pencapaian yang tak terbayangkan, yaitu juara di kompetisi tersebut sebanyak tiga kali berturut-turut.

Namun berbicara Piala Dunia, ia belum dalam posisi terbaiknya. Namun jika mengingat bahwa ia berada dalam kondisi yang prima dan klinis di akhir musim dengan menjaringkan 43 gol di semua kompetisi 2017/18, maka kesempatan untuk meraih sepatu emas ini tidaklah jauh dari kemungkinan.

Satu-satunya masalah dari pria 33 tahun tersebut mungkin adalah tekanan yang ada di pundaknya untuk selalu tampil baik di tiap laga, dan  mempertimbangkan skuat (timnas) yang lain, Portugal ini secara umum tak memiliki line up dan pemain bertalenta. Oleh karena itu, pemenang gelar UCL ini mungkin tak akan mendapatkan banyak laga untuk menyesuaikan dengan yang lainnya dan meningkatkan kemungkinan dirinya dalam mencetak gol.

4. Harry Kane (Inggris/Tottenham Hotspur)

Harry Kane adalah salah satu pemain yang identik dengan gelontoran gol, karena kapten dari tim nasional Inggris ini akan mendapatkan banyak eskpektasi yang dibebantan dari negaranya.

Kane telah menjadi berkah tersendiri bagi Tottenham Hotspur dalam beberapa tahun terakhir. Musim ini pun, pria 24 tahun ini mencetak 43 gol di semua kompetisi untuk The Lilywhites. Namun, Piala Dunia kali ini adalah debut bagi Kane dan semua mata akan tertuju kepadanya ketika The Three Lions berlaga karena ia bisa dibilang sebagai salah satu penyerang terbaik saat ini.

Pria ini sangat klinis dan penempatan dirinya di kotak penalti kerap membuat para bek lawan kesulitan. Seperti Cristiano, Kane juga diprediksi akan mengalami kesulitan yang sama karena berada dalam tekanan tanggung jawab yang cukup besar di pundaknya untuk mencetak gol bagi timnasnya saat ini.

Orang-orang tak bisa menyangkal bahwa skuat Inggris kali ini bukanlah yang terbaik sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Dunia dan penampilannya yang kerap di bawah standar akhir-akhir ini, seakan membuat semuanya tak mendukung Kane. Namun memiliki pemain seperti Raheem Sterling dan Marcus Rashford di sisinya memungkinkan Kane untuk bermain di posisi dan peran terbaiknya nanti.

3. Neymar Jr. (Brazil/PSG)

Si anak emas asal Brazil akan tampil pada edisi Piala Dunia kali ini yang mana negaranya tersebut mungkin akan menjadi favorit untuk mengangkat trofi untuk keenam kalinya.

Skuat Brazil tahun ini memiliki nuansa yang berbeda dan ini tak hanya menyangkut soal Neymar saja, namun lebih dari itu. Memiliki pemain seperti Philipe Coutinho, Gabriel Jesus, Douglas Costa dan Willian , Brazil mampu memberikan ancaman serius  bagi lawan-lawannya nanti.

Bicara tentang Neymar, penyerang milik PSG ini telah mengantongi 53 gol di level internasional dan itu membuktikan banyak tentang kedewasaannya saat berseragam tim nasional. Neymar memulai musim 2017/18 dengan luar biasa untuk sang juara liga Prancis, namun sialnya ia tertimpa cedera lutut di penghujung musim. Oleh karena itu akan menjadi tantangan yang besar bagi pria 26 tahun ini untuk kembali fit sepenuhnya saat ia bermain sangat flamboyan seperti sedia kala.

Meski begitu, kita tahu bahwa Neymar adalah seorang petarung dan ia akan kembali seperti sedia kala dan menyelesaikan cerita yang tertunda empat tahun lalu di Brazil, yaitu untuk mengangkat Piala Dunia.

2. Lionel Messi (Argentina/Barcelona)

Pria kecil dari Rosario ini akan mudah masuk dalam jajaran calon perebut sepatu emas karena kemampuannya dalam mencetak gol ini selalu sedikit terlupakan dan tertutupi oleh visi dan kreativitasnya di lapangan.

Tak diragukan lagi bahwa harapan Argentina akan bersandar di pundaknya, dan dengan apa yang ia telah perlihatkan sepanjang musim, ia pasti akan menjadi pemain yang akan disorot oleh banyak orang.

Messi, seperti biasa, memiliki musim yang bagus bersama Barca dan akan mencoba untuk mereplikasi penampilan hebatnya di klub tersebut saat di Rusia nanti bersama Albiceleste. Selalu di kritisi karena belum pernah memenangkan trofi internasional, Leo akan menjadi penentu untuk membawa Argentina menuju kejayaan yang sudah lama mereka tunggu, jalan yang ia hampir saja tuntaskan 4 tahun lalu. Dengan lebih banyak gairah dan semangat, pria 30 tahun ini akan bangkit dan mengklaim tahta tertinggi di dunia sepakbola.

Meski begitu, kini Argentina memiliki masalah dalam pemilihan pemain dan beberapa pemain kunci yang cedera, Messi yang telah meraih 5 kali Balon d’Or dan 5 sepatu emas Eropa ini masih harus bekerja keras untuk menghadirkan sihir-sihirnya bagi Argentina di lapangan.

1. Thomas Muller (Jerman/Bayern Munich)

Pria yang saat ini dikenal sebagai orang yang tepat dalam momen tertentu, Muller seperti diciptakan khusus untuk even besar. Total 10 golnya dalam 2 Piala Dunia teakhir membuktikan sepenuhnya bahwa ia masih dianggap sebagai pesaing terkuat untuk sepatu emas, suatu prestasi yang pernah ia raih pada 2010 lalu saat masih berumur 20 tahun.

Meski sudah banyak transisi dalam gaya permainannya dari sejak saat itu, pria 28 tahun ini masih cukup tajam di depan gawang. Muller akan menjadi roda penting di skuat asuhan Joachim Low untuk mempertahankan gelar juara dunia mereka dan insting presisi Muller di depan gawang akan menjadi krusial untuk sang juara bertahan.

Andalan Bayern Munich ini memiliki Marco Reus di samping kirinya dan Timo Werner di depannya, oleh karena itu ia tak akan kekurangan dukungan di lini depan. Kali ini, ia diharapkan mampu memanfaatkan momen besar ini untuk menccapai sisa tujuh gol semi melewati rekor milik Miroslav Klose dan menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia.

Dengan 16 gol dan 16 assistnya bersama Bayern di seluruh kompetisi musim 2017/18 lalu, rasio gol Muller memang cukup menurun, namun ia adalah pemain yang mampu muncul dalam kesempatan besar dan menjadikan dirinya sebagai kandidat kuat memenangkan penghargaan prestisius sepatu emas untuk yang kedua kalinya.

Comments