Cedera lutut, Nadal mundur dari ATP Tour Finals

Rafael Nadal memutuskan mundur dari turnamen akhir tahun ATP Tour Finals. Cedera lutut memaksa petenis kidal asal Spanyol ini tak melanjutkan kiprahnya dalam ajang tersebut dan dipastikan musim 2017 sudah berakhir baginya.

Pemain nomor satu dunia ini mengambil keputusan tersebut setelah melakoni partai perdana Grup Pete Sampras melawan David Goffin. Dalam duel di O2 Arena, London, Senin (13/11/2017) atau Selasa dini hari WIB, Nadal menyerah 6-7 (5/7), 7-6 (7/4), 4-6.

“Tidak, saya berhenti. Musim saya berakhir. Ya, saya memiliki komitmen untuk event ini, untuk kota, untuk diri sendiri. Saya berusaha keras. Saya melakukan apa yang harus kulakukan untuk siap tampil tetapi saya benar-benar tidak siap untuk bermain,” ujar Nadal.

“Ini soal rasa sakit. Saya tidak memiliki cukup kekuatan untuk bermain. Saya berusaha tetapi jujur, merupakan sebuah keajaiban bisa meraih skor ketat dalam pertandingan ini. Sungguh tak masuk akal.”

Dengan demikian, Nadal harus menunggu lagi untuk bisa mengakhiri penantian meraih gelar dalam ATP Finals. Selama karier, peraih 16 gelar grand slam ini belum pernah meraih gelar dalam ajang ini sehingga dia sempat memberikan wacana ATP Finals digelar di lapangan tanah liat, yang menjadi favoritnya. Selama ini, ATP Finals selalu digelar di lapangan keras indoor.

Meskipun mundur, Nadal sudah dipastikan mengakhiri tahun 2017 sebagai petenis nomor satu dunia.

Sebelumnya, Nadal sempat diragukan tampil dalam turnamen ini, yang mempertemukan delapan petenis top selama kalender ATP tahun 2017. Cedera lutut membuat petenis 31 tahun ini, yang sudah memenangi 75 gelar tunggal sepanjang kariernya, termasuk 16 trofi grand slam dan 30 event masters, memutuskan absen pada ajang Paris Masters, 26 Oktober-5 November.

Sementara itu pada pertandingan lain di grup ini, Grigor Dimitrov menang 6-3, 5-7, 7-5 atas Dominic Thiem. Selanjutnya, Dimitrov melawan Goffin pada 15 November.

Comments