Legenda Olahraga Lari Sprint Milik Indonesia Meninggal Dunia

Bolt races in zero gravity

Salah satu legenda dunia olahraga Indonesia di cabang lari sprint era 80-an silam, Purmomo Muhammad Yudhi dikabarkan mengembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Jakarta. Ia meninggal dunia di usia 56 tahun karena sakit kanker getah bening.

Sang legenda yang lahir pada 12 Juli 1962 silam ini pernah membuat negera kita bangga atas prestasi-prestasinya di cabang sprint ini. Tercatat, iapernah dapatkan dua medali emas SEA Games 1985 untuk nomor 200 meter dan estafet 4×100 meter.

Selain pada ajang level ASEAN, ia juga pernah mengharumkan nama Indonesia pada ajang tertinggi multi-olahraga yaitu Olimpiade 1984 di Los Angeles dan lolos hingga ke semifinal nomor lari 100 meter.

Menurut catatan yang dihimpun dari laman Kompas, saat itu mendiang Purnomo bersaing dengan sprinter top seperti Allan Wells (Inggris), Ray Stewart (Jamaika), Jose Javier Arques (Spanyol), dan Peter van Miltenburg (Australia).

Kami dari segenap tim FOX Sports Indonesia mendoakan agar mendiang Purnomo bisa mendapatkan tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Amin.

(sumber gambar: Tempo & Kompas)

 

Comments