Sabet 4 gelar, Chong Wei raja Superseries Finals

Pebulu tangkis nomor satu Malaysia, Lee Chong Wei, menyandang predikat raja BWF Superseries Finals untuk sektor tunggal putra. Pasalnya, pemain berusia 35 tahun tersebut paling banyak menjadi juara karena empat kali naik podium utama.

BWF Superseries Finals merupakan turnamen penutup kalender bulu tangkis selama satu musim. Tahun ini, ajang tersebut digelar di Dubai, Uni Emirat Arab, 13-17 Desember 2017.

Delapan pebulu tangkis terbaik dari lima sektor akan beradu kekuatan. Mereka merupakan kontestan yang mengumpulkan poin terbanyak dari 12 turnamen berlevel Superseries/Superseries Premier.

Turnamen ini untuk pertama kali digelar pada tahun 2008. Sejauh ini, Chong Wei menjadi pemain yang paling banyak meraih gelar untuk sektor tunggal putra karena menjadi juara pada 2008, 2009, 2010 dan 2013.

Dia mengalahkan jagoan asal China, Chen Long. Peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 itu mengoleksi dua gelar juara pada 2012 dan 2014, disusul tiga pemain lain yang pernah juara sekali, yakni Lin Dan (China), Kento Momota (Jepang) dan Viktor Axelsen (Denmark).

Lin Dan menjadi yang terbaik dalam ajang ini pada tahun 2011, kemudian Momota menjadi juara tahun 2015, sedangkan Axelsen merupakan sang juara bertahan karena tahun lalu menjadi pemenang.

Untuk edisi 2017, hanya Chong Wei, Chen Long dan Axelsen yang berpeluang menambah gelar. Mereka akan ditantang lima kandidat lainnya yakni Son Wan-ho (Korea Selatan), Srikanth Kidambi (India), Shi Yuqi (China), Chou Tien-chen (Taiwan) dan Ng Ka Long (Hongkong).

Comments