Kalahkan duo Mads, Marcus/Kevin ke semifinal

Ganda putra terbaik Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, melangkah ke semifinal turnamen Indonesia Open 2018. Tiket itu mereka raih setelah melewati laga menegangkan nan dramatis melawan wakil Denmark, Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding.

Dalam duel babak perempat final di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (6/7/2018), pasangan nomor satu dunia dengan julukan The Minions tersebut menang rubber game 20-22, 22-20, 21-18. Hasil tersebut menambah bagus rekor pertemuan Marcus/Kevin dengan duo Mads bertubuh bak raksasa tersebut menjadi 6-2.

Keberhasilan Marcus/Kevin, yang mengincar gelar pertama Indonesia Open, membuka peluang terjadi all-Indonesian semifinal. Hal itu terwujud hanya jika Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menang.

Indonesia menempatkan tiga wakil ganda putra pada babak delapan besar ini. Sayang, Berry Angriawan/Hardianto gagal karena dijegal wakil Taiwan, Liao Min Chun/Su Ching Heng. Masih tersisa Fajar/Rian, yang akan menantang unggulan ketiga dari China, Liu Cheng/Zhang Nan.

Jika Fajar/Rian lolos ke semifinal maka bisa dipastikan satu tiket final ganda putra berada di genggaman. Ini berarti sama dengan apa yang diperoleh ganda campuran di mana tiket final sudah di genggaman setelah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menang dan akan bertemu Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto atau Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja pada semifinal.

Tunggal putra gagal

Dari sektor tunggal putra, satu-satunya pemain andalan Indonesia, Tommy Sugiarto, gagal melanjutkan kiprahnya. Pemain senior yang kini memilih jalur independen, kalah dari Kento Momota.

Tommy tampil tidak terlalu maksimal. Masalah di engkel yang dialami ketika menang atas Chou Tien Chen (Taiwan) sehari sebelumnya, membuat pergerakan Tommy sangat berat.

Ini memudahkan Momota mendikte dan meraih kemenangan. Si kidal yang pekan lalu jadi runner-up Malaysia Open tersebut menang 21-11, 21-15 hanya dalam waktu 38 menit.

Selanjutnya, Momota bertemu pemenang antara Lee Chong Wei (Malaysia) dengan Kantaphon Wangcharoen (Thailand). Momota baru saja kalah dari Chong Wei pada final Malaysia Open.

Comments