Tommy gagal melewati hadangan Chen Long

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, gagal melewati hadangan pada babak pertama turnamen bulu tangkis Japan Open 2018. Dia kalah dari pemain China peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Chen Long.

Dalam duel di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Selasa (11/9/2018), Tommy kalah rubber game 21-12, 17-21, 14-21. Chen Long, yang merupakan unggulan keenam, akan bertemu Suppanyu Avihingsanon (Thailand), untuk memperebutkan tiket ke babak perempat final.

Tersingkirkan pemain senior tersebut membuat Indonesia tinggal mengandalkan dua pemain tunggal putra yang tengah naik daun, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Jonatan melawan pemain India, Prannoy HS, sedangkan Anthony melawan unggulan kedelapan dari Hong Kong, Ng Ka Long Angus.

Andai lolos, Jonatan, yang meraih medali emas Asian Games 2018, tak bisa menghidar dari perang saudara melawan Anthony, peraih medali perunggu Asian Games 2018. Mereka bakal bertemu pada babak kedua, yang berarti menjadi partai ulangan final Korea Terbuka Superseries 2017 di mana Anthony jadi pemenang.

Secara keseluruhan, Indonesia sudah kehilangan dua wakil dalam turnamen ini. Sebelum Tommy, ganda campuran Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto juga harus angkat koper. Mereka kalah 14-21, 12-21 dari unggulan utama asal China, Zheng Siwei/HUang Yaqiong.

Comments