Anthony jadi andalan setelah Jonatan tersingkir

Anthony Sinisuka Ginting menjadi satu-satunya tunggal putra Indonesia yang lolos ke babak kedua turnamen bulu tangkis Japan Open 2018. Dia melewati rintangan pemain Hong Kong, Ng Ka Long Angus, dalam duel di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Selasa (11/9/2018).

Sementara itu, hasil negatif diraih Jonatan Christie. Peraih medali emas Asian Games 2018 ini dikalahkan wakil India, Prannoy HS, yang juga mengalahkannya pada nomor beregu Asian Games 2018.

Anthony menang straight game 21-14, 21-15 atas unggulan kedelapan tersebut dan Jonatan pun kalah dua gim langsung 18-21, 17-21. Hasil ini sekaligus memupus terjadinya perang saudara di babak kedua sehingga Anthony akan melawan Prannoy untuk memperebutkan tiket ke perempat final.

Sebelum Anthony dan Jonatan bertanding, Indonesia sudah kehilangan pemain senior, Tommy Sugiarto. Mantan pemain Pelatnas ini harus angkat koper karena kalah 21-12, 17-21, 14-21 dari unggulan keenam asal China, Chen Long.

Dua tunggal putri lolos ke babak kedua

Gregoria Mariska Tunjung

Dari sektor tunggal putri, Lyanny Alessandra Mainaky dan Gregoria Mariska Tunjung berhasil melewati rintangan pada babak pertama. Lyanny menang dua gim 21-10, 21-8 atas Ksenia Polikarpova (Israel) dan Gregoria menang 21-18, 21-17 atas pemain Rusia, Evgeniya Kosetskaya.

Pada babak kedua, Lyanny bertemu Aya Ohori (Jepang), yang menyingkirkan pemain senior Hong Kong, Yip Pui Yin. Sementara itu Gregoria akan bertemu lawan sulit karena menantang unggulan keempat dari Thailand, Ratchanok Intanon, yang menang 17-21, 21-9, 21-15 atas Minatsu Mitani (Jepang).

Sektor ganda campuran meloloskan dua wakil dari tiga pasangan yang bertarung hari ini. Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja mengikuti jejak Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Hafiz/Gloria yang merupakan unggulan kedelapan menang 21-13, 21-17 atas Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich (Jerman). Selanjutnya, mereka melawan pasangan Jepang, Takuro Hoki/Koharu Yonemoto, yang menyingkirkan Niclas Nohr/Sara Thygesen (Denmark). Jika menang, Hafiz/Gloria bertemu Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang) atau unggulan keempat, Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong).

Sementara itu, Praveen/Melati akan menantang unggulan ketujuh dari Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock. Pasangan suami-istri ini lolos setelah menang 21-18, 18-21, 21-16 atas wakil China, Lu Kai/Chen Lu.

Sebenarnya ada tiga ganda campuran Indonesia yang tampil pada babak pertama. Sayang, Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto tersingkir karena kalah 14-21, 12-21 dari unggulan utama, Zheng Siwei/Huang Yaqiong (China).

Hari ini, Japan Open hanya memainkan babak pertama untuk sektor tunggal putra, tunggal putri dan ganda campuran. Babak pertama ganda putra dan ganda putri baru akan dilaksanakan pada Rabu (12/9).

Comments