Fajar/Rian susul Marcus/Kevin ke perempat final Japan Open

Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto_PBSI

Pasangan peraih medali perak Asian Games 2018, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, melangkah ke babak perempat final turnamen bulu tangkis Japan Open 2018. Mereka menyingkirkan wakil Taiwan, Lee Jhe-Huei/Lee Yang.

Dalam pertandingan babak kedua di Musashino Forest Sport Plaza di Tokyo, Jepang, Kamis (13/9/2018), Fajar/Rian menang 21-14, 21-18 dalam waktu 34 menit. Hasil ini membuat Fajar/Rian unggul 2-1 dalam rekor pertemuan dengan peraih medali perunggu Asian Games 2018 tersebut.

Pada babak perempat final, Fajar/Rian akan bertemu tembok China bernama Li Junhui/Liu Yuchen, yang ditempatkan sebagai unggulan kedua. Juara dunia 2018 tersebut lolos tanpa bertanding karena Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mundur.

Seharusnya Li/Liu bertemu pasangan senior Indonesia tersebut. Sayang, Ahsan mengalami cedera pinggang sehingga memutuskan mundur sehingga Li/Liu ke perempat final tanpa mengeluarkan keringat.

Dalam pertemuan terakhir pada semifinal Asian Games 2018, Fajar/Rian menang rubber game 21-14, 19-21, 21-13 atas Li/Liu. Hasil tersebut membuat Fajar/Rian memperbaiki statistik pertemuan mereka menjadi 2-3 untuk keunggulan Li/Liu.

Lolosnya Fajar/Rian membuat Indonesia memiliki dua ganda putra pada babak perempat final. Sebelumnya, unggulan utama Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo lebih dulu maju ke babak delapan besar setelah menang perang saudara melawan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso. Marcus/Kevin ditantang Jelle Maas/Robin Tabeling (Belanda).

Lyanny gagak ke babak perempat final

Lyanny Alessandra Mainaky_PBSI

Dari sektor tunggal putri, Indonesia kehilangan satu wakil setelah Lyanny Alessandra Mainaky kalah. Pemain non-pelatnas ini tak mampu melewati hadangan pebulu tangkis berparas cantik asal Jepang, Aya Ohori.

Lyanny kalah dua gim langsung 11-21, 14-21. Dengan demikian, Ohori yang berhak maju ke perempat final untuk melawan pemenang duel antara unggulan ketiga dari India, Pusarla V Sindhu, dengan Gao Fangjie (China)

Indonesia masih memiliki satu wakil dari sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung. Namun, peraih gelar Kejuaraan Dunia Junior 2017 ini akan melawan pemain nomor satu Thailand, Ratchanok Intanon, yang ditempatkan sebagai unggulan keempat.

Gregoria baru satu kali bertemu dengan Ratchanok pada Indonesia Open 2018. Kala itu, Gregoria kalah rubber game 11-21, 21-17, 14-21.

Comments