Strategi Greysia/Apriyani lewati rintangan berat pasangan Jepang

Ganda putri terbaik Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, melewati rintangan berat pada babak kedua turnamen bulu tangkis Japan Open 2018, Kamis (13/9/2018). Dalam pertandingan di Musashino Forest Sport Plaza di Tokyo, Jepang, mereka mengalahkan Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata.

Sakuramoto/Takahata merupakan satu dari delapan ganda putri Jepang yang tampil dalam turnamen ini. Melalui perjuangan keras nan melelahkan, unggulan keempat ini menang dengan skor 14-21, 21-16, 21-10 dalam pertemuan pertama dengan pasangan ranking 10 dunia tersebut.

Greysia/Apriyani mencari pola permainan terbaik sehingga dikalahkan Sakuramoto/Takahata pada gim pembuka. Meski demikian, Greysia/Apriyani tak patah semangat.

Pada gim kedua, mereka balik menekan lawan dan unggul jauh karena sempat memimpin 18-6. Meski lawan berusaha mendekat, Greysia/Apriyani bisa merebut gim tersebut untuk memaksa duel berlanjut ke gim ketiga.

Greysia/Apriyani unggul mutlak pada gim penentu ini. Sakuramoto/Takahata tak berkutik dan tertinggal jauh hingga 6-13 sebelum kalah sehingga Greysia/Apriyani memenangkan tiket ke babak perempat final.

“Dengan kondisi bola yang berat seperti ini, kami memang harus menerapkan strategi khusus. Pada gim pertama, kami tertekan dan tidak bisa berbuat banyak. Kami coba ubah strategi pada gim kedua. Memang kalau melawan ganda putri Jepang itu harus kuat, apalagi kondisi shuttlecock nya seperti ini,” ujar Greysia usai laga dikutip dari Badmintonindonesia.org.

“Sebetulnya lawan kami hari ini sama saja dengan ganda putri Jepang lainnya. Tipe main ganda putri Jepang itu sama semua. Tapi Sakuramoto/Takahata adalah pemain muda, mereka juga bagus. Tadi kami bermain lebih safe saja dan bisa mencari kesempatan untuk mendapat poin,” ungkap Apriyani.

Pada babak perempat final, Greysia/Apriyani akan berhadapan dengan wakil Bulgaria, Stefani Stoeva/Gabriela Stoeva. Ini akan menjadi pertemuan kedua setelah Greysia/Apriyani kalah 11-21, 19-21 pada All England Open 2018.

“Ketemu lagi ya dicoba lagi, mau main yang maksimal dulu, tidak mau kalah. Kami akan mempersiapkan diri dan fokusnya harus ditambah lagi,” kata Apriyani.

Lolosnya Greysia/Apriyani membuat Indonesia memiliki lima wakil pada babak perempat final. Selain Greysia/Apriyani, ada ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dua ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto serta tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.

Comments