Ditaklukkan sang juara dunia, Fajar/Rian gagal ke semifinal

Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto_PBSI

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal mengikuti jejak Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo ke semifinal turnamen bulu tangkis Japan Open 2018. Langkah peraih medali perak Asian Games 2018 ini dihentikan pasangan terbaik China yang merupakan juara dunia 2018, Li Junhui/Liu Yuchen.

Dalam pertandingan babak perempat final di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Jumat (14/9/2018), Fajar/Rian kalah 20-22, 21-18, 14-21 setelah bertarung selama 1 jam 9 menit. Ini sekaligus menjadi revans bagi Li/Liu yang kalah dalam semifinal Asian Games 2018 pada bulan lalu.

Tersingkirnya Fajar/Rian membuat dua wakil Indonesia sudah gagal mencapai babak empat besar. Sebelumnya, ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti lebih dulu tersingkir karena kalah dari pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, dengan skor 19-21, 22-20, 17-21.

Li Junhui, Liu Yuchen

Dengan demikian, Marcus/Kevin menjadi satu-satunya andalan Indonesia pada sektor ganda putra. Pasangan dengan julukan The Minions ini lolos setelah menang rubber game 21-10, 17-21, 21-14 atas pasangan Belanda, Jelle Maas/Robin Tabeling, yang membuat mereka tetap menjaga peluang mempertahankan gelar.

Dalam laga semifinal, Sabtu (15/9), Marcus/Kevin akan bertemu Takuto Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) atau Je Jiting/Tan Qiang (China). Sementara itu, Li/Liu ditantang Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin (Taiwan) atau Kim Won Ho/Seo Seung Jae (Korea Selatan).

Jika Marcus/Kevin dan Li/Liu lolos ke final maka ini akan menjadi laga yang sangat ideal karena mempertemukan unggulan utama dan kedua. Namun rekor pertemuan menjadi milik Marcus/Kevin karena peraih medali emas Asian Games 2018 itu unggul 7-1.

Comments