Marcus/Kevin selangkah lagi pertahankan gelar

Marcus Fernaldi Gideon, Kevin Sanjaya Sukamuljo_PBSI

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo tinggal selangkah lagi mempertahankan gelar turnamen bulu tangkis Japan Open 2018. Ganda putra nomor satu dunia ini lolos ke final setelah menyingkirkan pasangan China non-unggulan, He Jiting/Tan Qing.

Marcus/Kevin harus bermain selama tiga gim dalam durasi 52 menit. Pasangan dengan julukan The Minions ini memenangi duel babak semifinal di Musashino Forest Sports Plaza, Jepang, Sabtu (15/9/2018), dengan skor 21-16, 14-21, 21-13.

Pada partai puncak, Minggu (16/9), Marcus/Kevin akan bertemu musuh besarnya dari China, Li Junhui/Liu Yuchen. Unggulan kedua yang merupakan juara dunia 2018 ini lolos ke final setelah menang 21-14, 21-16 atas wakil Taiwan, Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin.

Meskipun demikian, rekor pertemuan berpihak kepada Marcus/Kevin karena peraih medali emas Asian Games 2018 ini unggul 7-1. Li/Liu hanya memenangi pertemuan pertama dalam turnamen Vietnam Open 2015. Setelah itu, Marcus/Kevin selalu menang dalam tujuh pertandingan terakhir.

Li Junhui, Liu Yuchen

Sebenarnya Indonesia memiliki dua wakil yang tampil pada semifinal hari ini. Sayang, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu gagal loloskarena kalah dari unggulan utama asal Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, yang dalam partai final akan menghadapi unggulan ketiga dari China, Chen Qingchen/Jia Yifan.

Dari tunggal putra, partai final mempertemukan Kento Momota (Jepang) dengan pemain Thailand, Khosit Phetpradab. Sementara itu sektor ganda campuran dipastikan menjadi milik China karena terjadi final sesama pemain Negeri Tirai Bambu tersebut. Unggulan utama, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, melawan juara bertahan Wang Yilyu/Huang Dongping.

Untuk sektor tunggal putri, Carolina Marin yang merupakan peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, akan ditantang pemain tuan rumah, Nozomi Okuhara. Marin berstatus juara bertahan turnamen ini.

Comments