Kalah, Chong Wei tetap ke semifinal sebagai juara grup

Mantan pebulu tangkis tunggal putra nomor satu dunia, Lee Chong Wei, meraih tiket semifinal BWF Superseries Finals 2017 dengan status juara Grup A meski kalah dalam laga terakhir penyisihan grup, Jumat (15/12/2017). Dia ditaklukkan oleh pemain Korea Selatan, Son Wan-ho.

Dalam duel yang dramatis di Hamdan Sports Complex, Dubai, Uni Emirat Arab, Chong Wei kalah rubber game 21-13, 20-22, 15-21. Ini membuat Son menjadi pendamping Chong Wei menuju babak empat besar meskipun sehari sebelumnya Son kalah 15-21, 21-13, 16-21 dari pemain Hongkong, Ng Ka Long Angus.

Grup ini hanya dihuni tiga pemain setelah Chen Long mengundurkan diri. Pemain asal China tersebut menarik diri sehari sebelum turnamen mulai digulirkan pada Rabu (13/12) karena cedera lutut.

Baik Chong Wei, Son dan Ka Long Angus, sama-sama membukukan satu kemenangan lantaran mereka saling mengalahkan. Namun Chong Wei mendapat keuntungan karena menang straight game atas Ka Long Angus. Ini membuat selisih game Chong Wei 3-2, disusul Son dengan selisih 3-3 dan Ka Long Angus memilih selisih paling jelek, 2-3.

Dengan demikian, pada babak semifinal yang berlangsung pada Sabtu (16/12), Chong Wei akan bertemu dengan runner-up. Artinya, dia berpeluang bertemu lagi Son atau peringkat kedua Grup B, Viktor Axelsen.

Comments