Mantan pasangan Hendra siap bela Malaysia pada Piala Thomas

Pebulu tangkis spesialis ganda, Tan Boon Heong, mengaku siap memperkuat Malaysia pada putaran final Piala Thomas. Pemain yang pernah menjadi andalan negeri jiran tersebut menunggu panggilan dari BAM (Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia).

Putaran final Piala Thomas dan Uber akan digelar di Bangkok, Thailand, 20-27 Mei 2018. Sebelum mengikuti turnamen beregu tersebut, tim Thomas Malaysia harus lolos lebih dulu ke final Kejuaraan Asia Beregu 2018 yang dijadwalkan 6-11 Februari di Alor Setar, Kedah, Malaysia.

Dalam kejuaraan yang merupakan ajang kualifikasi putaran final piala Thomas, hanya ada empat tiket yang diperebutkan untuk Zona Asia. Tan mengaku siap dimainkan pada putaran final karena duetnya dengan Hendra Setiawan berakhir pada Desember 2017.

Selama ini Tan berpasangan dengan Hendra, yang kembali dipanggil ke pelatnas Cipayung, Jakarta, untuk 2018. Hendra dipersiapkan untuk membawa pemain muda Indonesia di sektor ganda putra.

“Saya terbuka jika BAM ingin saya bermain. Saya menyerahkan keputusan tersebut kepada mereka,” ujar Tan seperti dikutip dari The Star.

“Saya memiliki tahun yang bagus bersama Hendra. Kami bisa bersaing dengan beberapa pasangan teratas pada Denmark Terbuka, China Terbuka dan Hongkong Terbuka.”

Selama berpasangan dengan Hendra pada awal 2017, Tan tercatat mengikuti 18 turnamen dan performa mereka terbilang mengesankan. Pasangan senior ini menembus final Australia Terbuka dan semifinal China Masters. Mereka mengakhiri musim kompetisi 2017 di peringkat ke-21 dunia hanya dalam waktu satu tahun.

Tan pernah menjadi andalan Malaysia ketika berpasangan dengan Koo Kien Keat. Sempat mundur dari timnas Malaysia, Tan pernah diminta bermain pada putaran final Piala Thomas yang digelar di Kunshan, China 2016. Saat itu, Tan berpasangan dengan Koo Kien Keat dan Malaysia mencapai semifinal.

Comments