Dikalahkan China, Tontowi/Liliyana jadi runner-up Grup B

Ganda campuran terbaik Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, harus puas menjadi runner-up Grup B turnamen BWF Superseries Finals 2017. Pada laga pamungkas penyisihan grup di Hamdan Sports Complex, Dubai, Uni Emirat Arab, Jumat (15/12/2017), Tontowi/Liliyana kalah dari pasangan China Wang Yilyu/Huang Dongping.

Dalam due berdurasi 46 menit tersebut, Tontowi/Liliyana menyerah 9-21, 21-11, 11-21. Dengan demikian, pasangan China tersebut yang menjadi juara grup dan mereka akan ditantang runner-up grup pada babak empat besar, Sabtu (16/12).

Lantaran lawan pada babak semifinal akan diundi lagi, ada kemungkinan Tontowi/Liliyana akan bertemu lagi dengan Wang/Huang, yang dengan kemenangan tersebut unggul 2-1 dalam rekor pertemuan. Jika tidak, peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 tersebut akan menghadapi juara Grup A.

Sementara itu dari sektor ganda putra di Grup B, pasangan Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen kalah 18-21, 13-21 dari pasangan China, Liu Cheng/Zhang Nan. Dengan demikian, Boe/Mogensen menjadi runner-up sedangkan Liu/Zhang jadi juara grup.

Dari sektor tunggal putri, persaingan sengit terjadi di Grup B setelah Chen Yufei menang 21-18, 13-21, 21-18 atas Ratchanok Intanon. Hasil ini membuat Chen untuk sementara memimpin klasemen sementara, disusul Ratchanok, yang harus menunggu hasil Tai Tzu-ying melawan Sung Hi-hyun. Andai Tai menang straight game dengan skor mencolok, bukan tak mungkin Ratchanok yang justru tersingkir.

Comments