Pembagian grup BWF Superseries Finals 2017

Badan tertinggi bulu tangkis dunia, BWF, sudah melakukan undian pembagian grup turnamen BWF World Superseries Finals 2017 pada Senin (11/12/2017). Delapan pemain terbaik dari setiap nomor dibagi ke dalam Grup A dan Grup B.

Tiga wakil Indonesia ambil bagian dalam ajang tersebut yang mulai bergulir Rabu (13/12). Selain ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamujo, ada dua pasangan ganda campuran, Praveen Jordan/Debby Susanto dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Dikutip dari Twitter resmi PBSI, Marcus/Kevin berada di Grup A. The Minions, demikian julukan Marcus/Kevin, akan bersaing dengan Li Junhui/Liu Yuchen (China), Mads Conrad Petersen/Mads Pieler Kolding (Denmark) dan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang).

Sementara itu rival berat Marcus/Kevin, Mathias Boe/Carsten Mogensen, tergabung di Grup B. Pasangan nomor dua dunia itu bakal terlibat pertarungan dengan Liu Cheng/Zhang Nan (China), Lee Jhe-Huei/Lee Yang (Taiwan) dan Takura Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang).

Untuk nomor ganda campuran, Praveen/Debby menempati Grup A bersama dengan Zheng Siwei/Chen Qingchen (China), Tang Chung Man/Tse Ying Suet (Hongkong) dan Kenta Kazuno/Ayane Kurihara (Jepang) sedangkan Tontowi/Liliyana di Grup bersama dengan Wang Yilyu/Huang Dongping (China), Tan Kiang Meng/Lai Pei Jing (Malaysia) dan Chris Adcock/Gabby Adcock (Inggris).

Dari sektor tunggal putra, Lee Chong Wei (Malaysia) berada di Grup A bersama dengan Son Wan-ho (Korsel), Ng Ka Long (Hongkong) dan Chen Long (China). Sedangkan pemain nomor satu dunia asal Denmark, Viktor Axelsen, menempati Grup B bersama dengan Kidambi Srikanth (India), Shi Yuqi (China) dan Chou Tien-chen (Taiwan).

Sektor tunggal putri, Grup A dihuni Akane Yamaguchi (Jepang), PV Sindhu (India), Sayaka Satu (Jepang) dan He Bingjiao (China) sedangkan Grup B diisi Tai Tzu-ying (Taiwan), Sung Ji-hyun (Korsel), Ratchanok Intanon (Thailand) dan Chen Yufei (China).

Sektor ganda putri, Grup A ditempati oleh Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto (Jepang), Chen Qingchen/Jia Yifan (China), Huang Yaqiong/Yu Xiaohan (China) dan Chang Ye-na/Lee So-hee (Korsel). Sedangkan Grup B dihuni Yuki Hukushima/Sayaka Hirota (Jepang), Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl (Denmark), Jung Kyung-eun/Shin Seung-chan (Korsel) dan Hsu Ya-ching/Wu Ti-jung (Taiwan).

Hanya peringkat satu dan dua dari masing-masing grup yang lolos ke semifinal. Selanjutnya, mereka akan memperebutkan tiket menuju partai puncak turnamen yang digelar di Hamdan Sports Complex, Dubai, Uni Emirat Arab.

Comments