Penghargaan Eddy Choong, Apriyani dan Gregoria dapat pesaing dari Malaysia

Pebulu tangkis tunggal putra masa depan Malaysia, Lee Zii Jia, masuk nomine penghargaan tahunan yang digelar oleh Badminton World Federation (BWF). Pemain berusia 19 tahun tersebut akan bersaing dengan sejumlah pemain muda untuk memperebutkan penghargaan Eddy Choong.

Event penghargaan tersebut akan diadakan menjelang bergulirnya BWF Superseries Finals pada Rabu (13/12/2017) di Hamdan Sports Complex, Dubai, Uni Emirat Arab. Zii Jia akan bersaing dengan dua pemain putri Indonesia, Apriyani Rahayu (ganda putri) dan Gregoria Mariska Tunjung (tunggal), pemain China Chen Yufei (tunggal putri) dan pemain India Satwiksairaj Rankireddy (ganda putra dan ganda campuran).

Masuknya nama Zee Jia dalam daftar nomine ini berkat performanya yang cukup impresif sepanjang tahun 2017. Dia memenangi gelar Seri Internasional Polandia dan tiga kali mencapai semifinal turnamen Open yakni Thailand Masters, Taiwan Open dan Bitburger Open di Jerman.

Meskipun demikian, Yufei menjadi kandidat terkuat meraih penghargaan tersebut setelah memenangi medali perunggu Kejuaraan Dunia di Glasgow, Skotlandia, pada Agustus. Dia juga mencapai semifinal dua turnamen level superseries yakni Jepang Terbuka dan Denmark Terbuka Superseries Premier.

Andai Zii Jia yang menjadi pemenang maka dia meneruskan tradisi Malaysia meraih penghargaan menjelang Superseries Finals. Tahun lalu, pemain senior negara tersebut, Lee Chong Wei, sukses menyabet gelar meskipun dalam kategori yang berbeda yakni Player of the Year. Itu merupakan gelar kelima Chong Wei setelah 2009, 2010, 2011 dan 2013.

Tahun ini, Chong Wei tidak masuk nomine karena prestasi peraih tiga medali perak Olimpiade tersebut tidak terlalu memukau. Persaingan menjadi Player of the Year 2017 akan diperebutkan oleh juara dunia asal Denmark, Viktor Axelsen, Kidambi Srikanth (India) dan pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon-Kevin Sanjaya Sukamuljo, serta pemain China untuk ganda putra dan campuran, Zheng Siwei.

Comments