Hariyanto Arbi: India sudah jadi super power dalam bulu tangkis

Bulu tangkis India meningkat pesat. Kini, negara tersebut sudah menjelma menjadi raksasa bulu tangkis dunia, khususnya dari sektor tunggal putra dan putri.

Hal ini diakui oleh legenda bulu tangkis Indonesia, Hariyanto Arbi. Mantan tunggal putra Tanah Air yang terkenal dengan julukan Smash 100 Watt ini mengatakan bahwa tiga tahun lalu, ketika datang ke Chandigarh, India, dia memandang India sebagai negara berkembang dalam bidang olahraga bulu tangkis.

Kini, Juara Dunia 1995 tersebut harus mengubah total pandangannya. Diakui pria 45 tahun tersebut, India sudah berubah menjadi negara super power.

“Pemain India seperti Kidambi Srikanth dan HS Prannoy tampil semakin baik dari hari ke hari. Teknik dan pukulan mereka sangat bagus. Sekarang bulu tangkis mejadi kian kompetitif dan kunci suksesnya adalah berlatih lebih keras,” ujar Arbi saat penutupan event SPSC Badminton Cup di Chandigard, akhir pekan kemarin, seperti dikutip dari Badmintonplanet.com.

Dia menambahkan bahwa keberhasilan memenangi sejumlah turnamen superseries membuat kepercayaan diri Kidambi meningkat. Bahkan, Arbi memprediksi Kidambi berpeluang meraih medali emas Olimpiade jika terus bermain impresif seperti sekarang.

Selama aktif menjadi pemain, Arbi banyak gelar, di antaranya All England 1993, 1994, Asian Games 1994, dan Kejuaraan Dunia 1995. Bersama dengan Ardy Wiranata dan Joko Supriyanto, mereka menjadi bagian dari skuad Indonesia ketika memenangi Piala Thomas 1994, 1996 dan 1998. Dia pun memenangi India Terbuka usai mengalahkan Pullela Gopichand pada 1997.

Khusus nama terakhir, Arbi memberikan pujian karena perannya sebagai pelatih kepala sehingga menghasilkan pemain seperti PV Sindhu dan Kidambi. Selain itu, kehadiran mantan pelatih Taufik Hidayat, Mulyo Handoyo, juga memberikan dampak yang sangat bagus bagi perkembangan bulu tangkis India.

“Pemain India juga mempunyai kemampuan untuk menjadi pebulu tangkis elite dunia dalam waktu yang panjang,” kata Arbi.

Comments