Kidambi sebut era Chong Wei dan Lin Dan sudah berakhir

Era Lin Dan dan Lee Chong Wei sudah berakhir. Demikian pernyataan pemain tunggal putra India, Kidambi Srikanth, yang sedang dalam puncak penampilan setelah meraih empat gelar superseries dalam kurun waktu lima bulan.

Situasi ini, tambah Kidambi, yang pada bulan Oktober menjadi juara Denmark Terbuka Superseries Premier dan Prancis Terbuka Superseries, membuat peta persaingan menjadi lebih besar. Diakuinya, ada banyak pemain yang berpotensi menjadi juara, tidak seperti ketika Lin Dan serta Chong Wei menjadi penguasai.

“Lee Chong Wei dan Lin Dan sudah mendominasi persaingan tunggal putra cukup lama. Sekarang rivalitas pada nomor ini lebih terbuka. Saya, Viktor (Axelsen), dan pemain India lainnya bergantian memenangi turnamen. Hal ini sangat bagus bagi perkembangan bulu tangkis karena banyak pemain yang menjadi juara,” ujar Kidambi, yang termasuk hanya empat tunggal putra di dunia yang merengkuh minimal empat titel superseries dalam satu tahun kalender, seperti dikutip dari Timesofindia.

“Saya tidak benar-benar mengatakan bahwa karier mereka berakhir. Mereka bermain dengan level tinggi dan memiliki banyak pengalaman untuk bisa bangkit. Lin Dan mampu menembus final kejuaraan dunia dan selalu sulit ketika bertemu mereka. Namun, kami harus percaya pada diri sendiri mampu menampilkan yang terbaik,” tambah Kidambi.

Gelar Prancis Terbuka yang diraih pada 29 Oktober lalu, mengantar Kidambi ke peringkat kedua dunia dalam daftar terbaru peringkat BWF yang akan dirilis Kamis (2/11/2017). Dia berpeluang mengakhiri tahun 2017 sebagai pemain nomor satu dunia, tetapi Kidambi mengaku tak memikirkannya.

“Saya tidak terlalu memikirkan soal ranking. Saya sudah melakukan yang terbaik dalam delapan hingga 10 bulan terakhir. Saya hanya ingin terus mengikuti turnamen dan menikmati setiap pertandingan,” ujar Kidambi.

Kidambi berpeluang menambah menambah koleksi gelar superseries karena masih ada tiga turnamen dengan level itu. Ada China Terbuka, Hongkong Terbuka dan BWF Superseries Finals.

Comments