PBSI Pasrah Olimpiade 2020 Mundur dan Akan Terus Menyesuaikan Dengan Perubahan

Marcus Fernaldi Gideon-Kevin Sanjaya Sukamuljo_PBSI

FOXSPORTS.CO.ID – Pemerintah Jepang dan pihak IOC (International Olympic Committee) sudah memastikan paelaran Olimpiade 2020 di Tokyo akan mundur hingga 2021 mendatang. Hal ini dilakukan karena banyak negara yang masih berjuang melawan pandemi virus corona (COVID-19).

PBSI sebagai induk olahraga bulu tangkis nasional Indonesia harus pasrah dengan penundaan event tersebut. Seperti diketahui, bulu tangkis kerap jadi andalan Indonesia mendulang medali di Olimpiade.

“Kami akan ikuti, apa yang menjadi keputusan IOC dan BWF, karena saat ini yang penting adalah keselamatan dan kesehatan peserta olimpiade. Wabah Covid-19 membuat kami semua tidak punya pilihan lagi, harus ikuti prosedur yang sudah ditentukan,” kata sekjen PBSI, Achmad Budiharto yang dilansir dari Badminton Indonesia.

“Keputusan ini dibuat tentunya dengan mempertimbangkan banyak hal, dan tidak dipungkiri harus ada banyak penyesuaian juga dari pemain. Harus ada¬†adjustment¬†dengan kondisi perubahan jadwal turnamen, program latihan, dan sebagainya,” lanjutnya.

“Kami tidak tahu keputusan BWF seperti apa nantinya, apakah akan ada hitungan baru lagi. Kami akan sesuaikan, sekarang kami belum bisa berkata bisa ada perubahan atau tidak. Kami harus melihat dulu perkembangannya, termasuk jika ada perubahan ketentuan dari BWF terkait kualifikasi olimpiade dan pembekuan rangking. Secara prinsip, PBSI akan mengirim pemain yang berpeluang besar mendapat medali.”

Tokyo 2020 boss warns of “hardship and severity” ahead for Olympic planners

Comments