Kalahkan Rusia 5-0, Chong Wei ingin Malaysia juara grup

Lee Chong Wei senang dengan keberhasilan tim Piala Thomas Malaysia meraih kemenangan 5-0 atas Rusia pada laga perdana penyisihan Grup D di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Senin (21/5/2018). Ini membuat Malaysia di ambang pintu menuju babak perempat final.

Menurut pebulu tangkis tunggal putra andalan Malaysia tersebut, mereka harus bisa menjaga atmosfer untuk menatap laga selanjutnya, terutama ketika melawan Denmark. Kapten tim Piala Thomas Malaysia ini pun mencanangkan target menjadi juara Grup D.

“Ini merupakan kemenangan yang sangat penting bagi Malaysia. Kami menurunkan pemain terkuat saat melawan Rusia karena kami harus mendapatkan atmosfer persaingan dalam turnamen ini,” ujar Chong Wei dikutip dari NST.

“Menang dengan skor 5-0 sangat penting karena memberi kepercayaan diri dan kami membutuhkan hal itu untuk menjadi pemuncak Grup D.”

Rusia termasuk tim yang diperhitungkan selain Denmark. Wajar bila Chong Wei sangat bahagia mereka bisa melewati rintangan pertama dengan sangat mulus.

Chong Wei, yang tampil pada partai pertama, mengalahkan pemain peringkat 51 dunia, Vladimir Malkov, dengan straight game 21-9, 21-6. Setelah itu, giliran ganda putra terbaik Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong, menyumbang poin berkat kemenangan 21-18, 21-18 atas juara All England 2016, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov.

Pada partai ketiga, Lee Zii Jia membuat Malaysia unggul 3-0 usai 21-13, 21-16 atas Sergey Sirant. Kemudian, Aaron Chia/Teo Ee Yi menang 21-16, 21-9 atas Evgenij Dremin/Denis Grachev, disusul keberhasilan Iskandar Zulkarnain Zainuddin menaklukkan Rodion Alimov dengan skor 21-9, 21-12 untuk memastikan Malaysia menang 5-0.

“Kami sudah lebih dari cukup memiliki modal ke perempat final. Namun, kami ingin keluar sebagai juara grup. Selanjutnya, masih ada pertandingan melawan Aljazair dan Denmark yang masih tersisa,” ujar Chong Wei.

“Setelah itu, ada undian ulang untuk perempat final. Jadi mari kita lihat apa yang akan terjadi setelah ini. Akan tetapi, kami tetap membutuhkan kepercayaan diri dan fokus.”

Pada pertandingan kedua, Selasa (22/5), Malaysia akan bertemu Aljazair. Sehari kemudian, Chong Wei dkk bertemu sang juara bertahan, Denmark, yang diyakini merupakan duel untuk menentukan siapa yang menjadi juara grup.

Comments