Merokok, Iskandar kena denda 50 persen dari tunjangan sebulan

Iskandar Zulkarnain Zainuddin

Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) mengambil tindakan terhadap pemain tunggal putra Iskandar Zulkarnain Zainuddin karena melanggar aturan larangan merokok. Pemain berusia 27 tahun tersebut harus membayar denda 50 persen dari tunjangan sebulan.

Iskandar tersandung masalah dengan pihak hotel tempatnya menginap saat tampil dalam turnamen Piala Thomas 2018 di Bangkok, Thailand, pada bulan lalu. Dia bersama rekan sekamar, Mohamad Arif Abdul Latif, melanggar aturan karena merokok di kamar yang seharusnya tak boleh untuk merokok.

Keterangan dari pihak hotel menjadi bukti bagi BAM untuk mengusut Iskandar dan Arif. BAM menegaskan hanya Iskandar yang terbukti melakukan pelanggaran setelah melakukan berbagai penyelidikan.

“Kedua pemain yang terlibat dalam dugaan pelanggaran dipanggil untuk penyelidikan oleh komite aturan, disiplin, dan integritas BAM pada 1 Juni lalu,” demikian bunyi pernyataan BAM seperti dikutip dari The Star.

“Setelah musyawarah dan berdasarkan prosedur operasi standar BAM, panita merasa puas bahwa insiden tersebut hanya melibatkan Iskandar. Panitia menyetujui Iskandar mendapatkan satu kali denda 50 persen dari tunjangan bulanannya.”

Akibat kejadian ini, komite pelatih BAM juga memutuskan bahwa semua pemain akan menjalani pengujian nikotin secara rutin.

“Setiap pemain yang dinyatakan positif nikotin akan ditangani dan dijatuhi dengan sanksi yang berat,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

Pada Piala Thomas 2018, langkah Malaysia terhenti pada babak perempat final karena dihentikan oleh Indonesia dengan skor 1-3. Satu-satunya poin Malaysia dalam pertandingan tersebut dihasilkan oleh tunggal pertama Lee Chong Wei, yang mengalahakn Anthony Sinisuka Ginting.

Comments