Hafiz/Gloria dan Greysia/Apriyani sabet gelar juara

Dua pasangan ganda Indonesia menyabet gelar turnamen Thailand Open 2018 yang bergulir di Nimibutr Stadium, Bangkok, Thailand. Ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil mengandaskan lawan-lawannya.

Dalam partai puncak turnamen dengan level Super 500 tersebut, Minggu (15/7/2018), Hafiz/Gloria lebih dulu tampil. Unggulan kedelapan ini melawan unggulan utama dari Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock.

Di luar dugaan, Hafiz/Gloria, yang pekan lalu kalah dari seniornya di Pelatnas Cipayung, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, dalam semifinal Indonesia Open, menang straight game 21-12, 21-12 dalam waktu 28 menit. Ini menjadi pertemuan pertama kedua pasangan.

Ini menjadi gelar tertinggi pertama dari pasangan tersebut, termasuk Hafiz, yang sebelumnya pernah berpasangan dengan Shella Devi Aulia dan Pia Zebadiah Bernadeth.

Setelah itu, giliran Greysia/Apriyani yang membuat kejutan. Unggulan keempat ini pun menang straight game 21-13, 21-10 atas unggulan ketiga dari Jepang yang merupakan musuh bebuyutan mereka, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, dalam tempo 53 menit.

Terbilang kejutan karena selama ini Greysia/Apriyani selalu kandas jika melawan mantan pasangan nomor satu dunia tersebut. Dari lima pertemuan terdahulu, ganda putri nomor satu Indonesia tersebut selalu kalah, termasuk tiga pertemuan pada awal 2018 (final Indonesia Masters, Badminton Asia Team Championships dan Badminton Asia Championships).

Ini menjadi gelar kedua Greysia/Apriyani sepanjang 2018. Sebelumnya, pasangan ini juara India Open (Super 500) usai menang 21-18, 21-15 atas Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand).

Indonesia masih berpeluang menambah satu gelar melalui Tommy Sugiarto yang tampil pada partai keempat. Pebulu tangkis senior tunggal putra Tanah Air ini melawan wakil Jepang, Kanta Tsuneyama.

Comments