Kunci Greysia/Apriyani kalahkan juara bertahan dan lolos ke semifinal

Ganda putri nomor satu Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, menyegel tiket semifinal World Championships 2018. Mereka lolos setelah menyingkirkan juara bertahan asal China yang juga pasangan nomor satu dunia, Chen Qingchen/Jia Yifan.

Dalam pertandingan perempat final di Nanjing Youth Olympic Sports Center, Jumat (3/8/2018), unggulan kelima tersebut menang straight game dengan skor ketat 23-21, 23-21. Greysia/Apriyani memperlihatkan perjuangan nan gigih sehingga menang dramatis.

Sudah tertinggal 19-20 dan 18-20 pada gim pertama dan kedua, Greysia/Apriyani bisa bangkit. Perlahan tapi pasti, mereka menyusul dan justru balik membuat Chen/Jia tertekan.

“Jujur saja, di lapangan tadi kami benar-benar main nothing to lose, apa adanya. Nggak usah mikir harus cantik pengembalian bolanya, harus bagus, pokoknya main mau menang, bisa terapkan strategi dan pikirannya jangan kosong,” ujar Apriyani seperti dikutip dari Badminton Indonesia.

“Ketika dalam posisi kami unggul, terkejar, unggul lagi, dalam keadaan ini, apalagi lawannya sudah satu level, siapa yang siap mental, yang bisa tahan capek, dia yang akan menang. Kami merasa kali ini kami lebih siap dari lawan,” tambah Greysia.

Apriyani mengakui bahwa dia dan Greysia sudah belajar dari kekalahan pada dua pertemuan sebelumnya. Mereka berusaha meminimalisir kesalahan sendiri.

Marcus Fernaldi Gideon, Kevin Sanjaya Sukamuljo_PBSI

“Sebetulnya tidak ada yang berubah, baik strategi kami atau lawan. Kami tahu strategi lawan kalau mau menang ya dia akan main seperti itu, jadi kuncinya sekarang di kami. Pada pertemuan kali ini kami bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan kami dari pertemuan sebelumnya,” tutur Apriyani.

Sektor ganda putri Indonesia masih punya dua amunisi lagi yang akan bertarung melawan wakil Jepang. Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta akan melawan Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto (Jepang) sedangkan Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani berjumpa unggulan kedua asal Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Sayang, kesuksesan Greysia/Apriyani tak dibarengi keberhasilan ganda putra nomor satu dunia yang menjadi andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. The Minions kalah 19-21, 18-21 dari unggulan kelima asal Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Dengan demikian, tak ada lagi wakil Indonesia pada sektor ganda putra. Praktis, Indonesia tinggal berharap dari sektor ganda putri karena nomor lainnya sudah tersapu bersih pada babak sebelumnya.

Comments