Tim bulu tangkis putra Indonesia ke semifinal Asian Games 2018

Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto_PBSI

Tim putra bulu tangkis Indonesia selangkah lebih dekat dengan ambisi meraih medali emas nomor beregu Asian Games 2018. Mereka sukses meraih tiket ke semifinal setelah menyingkirkan India pada babak delapan besar.

Dalam pertandingan di Istora Senayan, Jakarta, Senin (20/8/2018), Indonesia menang 3-1 atas India. Ganda kedua, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, menjadi penentu setelah menang straight game 21-14, 21-18 atas Manu Attri/Sumeeth Reddy Buss.

Selanjutnya, Indonesia, yang merupakan unggulan kedua, akan bertemu lawan berat. Pasukan Merah-putih akan menghadapi unggulan ketiga, Jepang, yang lolos setelah menang 3-0 atas Korea Selatan.

Dengan demikian, perjalanan tim bulu tangkis putra Indonesia sama dengan yang dialami tim putri. Pasalnya, para srikandi Tanah Air, yang menyingkirkan Korea Selatan, juga akan menghadapi Jepang yang menjadi unggulan utama, pada babak semifinal.

Kemenangan tim putra Indonesia diawali kesuksesan Anthony Sinisuka Ginting. Tunggal putra terbaik Indonesia tersebut menyingkirkan andalan utama India, Kidambi Srikanth, dengan rubber game 23-21, 20-22, 21-10.

Setelah itu, giliran Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang menyumbang poin meski performa The Minions, julukan Marcus/Kevin, sempat mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, pasangan nomor satu dunia tersebut sempat kalah pada gim pembuka saat melawan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Namun, Marcus/Kevin bisa bangkit. Alhasil, mereka meraih kemenangan rubber game 19-21, 21-19, 21-16.

India sempat mencuri poin pada partai ketiga melalui tunggal kedua Haseena Sunil Kumar Prannoy. Dia mengalahkan Jonatan Christie dengan rubber game 21-15, 19-21, 21-19, sebelum Fajar/Rian memastikan Indonesia lolos ke semifinal.

Comments