Rashid Sidek sarankan Malaysia sewa Li Yongbo

Mantan pelatih bulu tangkis nasional Malaysia, Rashid Sidek, memberikan saran kepada Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM), untuk meningkatkan prestasi negara tersebut. Dia ingin BAM menyewa mantan pelatih kepala China, Li Yongbo.

Rashid mengatakan bahwa Li Yongbo merupakan pilihan yang tepat karena dia memiliki rekam jejak yang bagus. Terbukti, China di bawah kendalinya, menjadi raksasa bulu tangkis dunia dan meraih medali emas dalam enam Olimpiade.

“Li Yongbo adalah pelatih yang dikenal di seluruh dunia karena rezim dan disiplinnya yang ketat. Pemain-pemain top seperti Lin Dan dan Chen Long pernah berada di bawah asuhannya,” ujar Rashid seperti dikutip dari NST.

“Jika kita mmebangdingkan Malaysia dengan negara-negara seperti China, Jepang dan Korea Selatan, perbedaannya adalah pada kondisi pembinaan pemain muda.”

“Penting sekali bagi Malayisa untuk memulai dari yang muda. Budaya baru harus ditanamkan kepada para pemain sehingga mereka akan tumbuh sebagai pemain dengan paket sempurna seperti disiplin yang tinggi dan kekuatan mental yang baik.”

Rashid menilai, Li Yongbo harus diberi peran khusus untuk mengembangkan pemain muda. Namun, hasilnya tidak bisa dinikmati secara instan karena membutuhkan waktu hingga mencapai titik kematangan.

“Yongbo harus diberi peran itu. Saya tahu ini akan memakan waktu yang lama, tetapi dia harus diberi kesempatan itu,” ujarnya.

Malaysia baru saja menuai hasil buruk dalam ajang All England Open 2018 karena mereka nirgelar. Pencapaian terbaik adalah babak perempat final melalui tunggal putra Lee Chong Wei dan ganda putra Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Ini membuat Presiden BAM, Datuk Seri Norza Zakaria, kecewa dan mengkritik para pemain.

Li Yongbo menjadi pelatih kepala China selama 24 tahun. Dia mundur pada awal 2017, setelah banyak desakan akibat China hanya meraih dua medali emas pada Olimpiade Rio 2016.

Comments