Inggris dan Spanyol mundur dari Piala Thomas-Uber 2018

Tim bulu tangkis putra Inggris dan tim bulu tangkis putri Spanyol mengambil keputusan mundur dari Piala Thomas dan Uber 2018 yang akan berlangsung di Thailand, 20-27 Mei. Dengan demikian, tim putra Hong Kong dan tim putri Prancis mengambil keuntungan karena ditetapkan sebagai pengganti dalam turnamen beregu nan bergengsi tersebut.

Spanyol mengundurkan dari Piala Uber karena cedera yang diderita beberapa pemain putri mereka. Keputusan tersebut membuat para pecinta bulu tangkis tak bisa menyaksikan aksi Carolina Marin, peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, dalam turnamen tersebut.

Dengan demikian, Prancis maju sebagai pengganti. Jika merujuk peringkat dunia, Bulgaria yang memiliki 110.754 poin dan Inggris (108.606 poin), lebih berhak menggantikan Spanyol. Namun, kedua negara tersebut menolak sehingga Prancis tampil meski memiliki 89.126 poin.

Semntara itu, tim putra Inggris mengundurkan diri dari Piala Thomas 2018, meskipun tidak memberikan alasan yang jelas. Ini membuat Hong Kong yang memiliki 199.152 poin menjadi pengganti, sehingga Ng Ka Long Angus dkk mengikuti jejak tim Piala Uber mereka yang sudah lebih dulu mendapat jatah.

Menurut jadwal, undian Piala Thomas-Uber akan berlangsung pada Kamis (22/3/2018) di Arnoma Grand Hotel, Bangkok, Thailand. Tim unggulan pertama dan kedua akan menempati Grup A dan D, sedangkan unggulan ketiga dan keempat di Grup B atau C.

Dengan demikian, Jepang selaku unggulan utama Piala Uber akan menempati Grup sedangkan China yang menjadi unggulan kedua, di Grup B. Sementara itu Korea dan Thailand, yang menempati unggulan ketiga dan keempat, akan menempati Grup B atau C.

Sedangkan untuk Piala Thomas, China yang merupakan unggulan utama dipastikan menempati Grup A sedangkan sang juara bertahan, Denmark, yang ada di unggulan kedua, menempati Grup D. Sementara itu Indonesia dan Taiwan, yang merupakan unggulan ketiga dan keempat, berada di Grup B atau C.

Daftar peserta Piala Thomas 2018:
Thailand, Denmark, Australia, Indonesia, China, Korea Selatan, Malaysia, Aljazair, Jerman, Prancis, Rusia, Kanada, Taiwan, Jepang, India, Hong Kong

Daftar peserta Piala Uber 2018:
Thailand, China, Australia, Jepang, Korea Selatan, Indonesia, Taiwan, Aljazair, Denmark, Jerman, Rusia, Kanada, India, Malaysia, Hong Kong, Prancis

Comments