Anthony: Pertahanan Shi Yuqi rapat pada gim kedua dan ketiga

Anthony Sinisuka Ginting gagal melangkah ke babak semifinal turnamen bulu tangkis Fuzhou China Open 2018. Langkah tunggal putra terbaik Indonesia ini dihentikan rivalnya dari China, Shi Yuqi.

Dalam pertandingan perempat final berdurasi 62 menit di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, China, Jumat (9/11/2018), Anthony kalah 21-16, 14-21, 14-21 dari unggulan kedua tersebut. Ini membuat Anthony harus menunggu lagi untuk mengakhiri paceklik kemenangan melawan Shi Yuqi.

Pasalnya, Anthony belum pernah bisa menaklukkan pemain nomor satu China tersebut. Dari empat laga yang sudah mereka lakoni, Anthony selalu kalah, termasuk pada nomor beregu Asian Games 2018.

Dalam pertemuan kali ini, Anthony mengawalinya dengan sangat baik karena strateginya berjalan sesuai rencana. Namun pada dua gim berikutnya, Anthony banyak membuang kesempatan, termasuk banyak melakukan kesalahan sendiri.

“Pada gim pertama, saya bisa menerapkan strategi yang sudah saya rencanakan, saya bisa menguasai permainan. Saya berusaha agar lawan tidak mengarahkan bola ke atas dan ini berhasil, lawan jadi banyak melakukan kesalahan sendiri,” ujar Anthony dikutip dari Badmintonindonesia.org.

“Shi bermain dengan pertahanan lebih rapat pada gim kedua dan ketiga. Saya malah banyak memberikan dia kesempatan menerapkan pukulan yang memang menjadi keunggulannya. Selain itu saya kurang sabar, sudah banyak dapat poin, cepat juga kehilangan poin lagi.”

“Soal stamina, hari ini tidak ada masalah, mungkin power pukulan yang harus ditingkatkan lagi. Beberapa kali smes saya sudah diantisipasi oleh lawan.”

Dengan demikian, Anthony harus melupakan impian untuk menambah koleksi gelar pada tahun 2018. Sepanjang musim ini, pemain 22 tahun tersebut meraih gelar Indonesia Masters Super 500 dan China Open Super 1000.

Selain itu, kegagalan Anthony memastikan Indonesia kehilangan seluruh wakil tunggal putra dalam turnamen level super 750 ini. Sebab, Anthony satu-satunya wakil yang lolos ke perempat final setelah Tommy Sugiarto dan Jonatan Christie tersingkir pada babak kedua.

Comments