Belum ingin pensiun, Chong Wei bidik emas Olimpiade Tokyo 2022

Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, sedang dalam masa pemulihan. Pemain berusia 36 tahun tersebut memastikan dirinya masih akan tetap bermain dan comeback pada All England Open 2019.

Pelatih kepala timnas bulu tangkis Malaysia, Misbun Sidek, yang mengungkapkan hal tersebut. Dia menyebut Chong Wei tidak memperlihatkan penurunan semangat untuk terus meraih prestasi.

“Banyak orang lain yang akan putus asa jika mereka menderita penyakit yang sama seperti Chong Wei. Tetapi, dia adalah orang yang luar biasa,” ujar Misbun dikutip dari NST.

“Api di dalam dirinya masih terbakar dengan kuat saat dia menyatakan niatnya untuk terus bermain. Jika dia tidak kuat, dia tidak akan mengumumkan keputusannya (pada konferensi pers). Saya percaya bahwa kebahagiaannya ada di lapangan dan akan menyembuhkan penyakitnya.”

Soal masa depannya setelah divonis kanker hidung stadium awal, Chong Wei memberikan keterangan dalam jumpa pers pada Kamis (8/11/2018). Mantan pemain nomor satu dunia ini mengaku siap memburu medali emas perdana pada Olimpiade Tokyo 2020 setelah gagal pada final Olimpiade Beijing 2008, Olimpiade London 2012 dan Olimpiade Rio 2016.

Turnamen All England Open 2019 akan menjadi event perdana setelah pulih dari kanker hidung.

Guna mewujudkan target itu, Chong Wei akan mendapat program khusus. Pelatih Chong Wei, Hendrawan, mengatakan sedang mempersiakan program tersebut.

“Proses membuat program latihan ini menjadi tantangan buat saya. Dengan usia dan penyakitnya, saya harus datang dengan program pelatihan khusus untuknya,” ucap Hendrawan.

Chong Wei mengalami gangguan pernapasan pada Juli 2018 yang membuatnya gagal ikut Kejuaraan Dunia 2018 dan Asian Games 2018. Dia menjalani pengobatan di Taiwan selama 2 bulan sebelum kembali ke Malaysia pada 7 Oktober.

Comments