Inilah daftar 16 negara peserta Piala Thomas-Uber 2018

Kanada menjadi negara terakhir yang meraih tiket menuju putaran final Piala Thomas dan Piala Uber 2018. Mereka mengisi slot tersebut setelah menjadi juara sektor putra dan putri Kejuaraan Beregu Amerika 2018 yang berakhir pada Minggu (18/2/2018).

Dengan demikian, lengkaplah 16 kontestan yang bakal beradu kekuatan pada turnamen beregu putra-putri paling bergengsi di dunia tersebut. Putaran final Piala Thomas-Uber akan berlangsung di IMPACT Arena, Bangkok, Thailand, 20-27 Mei 2018.

Denmark selaku juara bertahan Piala Thomas dan China, juara bertahan Piala Uber, berhak secara otomatis lolos ke putaran final. Demikian juga tim Thomas-Uber Thailand selaku tuan rumah, sehingga dua slot untuk masing-masing kejuaraan tersebut sudah terambil.

Tiga tempat lainnya diambil dari negara-negara yang memiliki peringkat tertinggi meski tidak menjadi juara di benua masing-masing. Adapun, 11 tempat lainnya diambil dari lima kejuaraan pada masing-masing benua yakni Asia, Afrika, Amerika, Eropa dan Oceania.

Khusus untuk Asia dan Eropa, terdapat empat slot yang disediakan untuk tampil pada putaran final. Selain juara, tiga slot lainnya berlaku untuk runner-up dan dua tim semifinalis.

Dengan demikian, tim putri Indonesia yang menyelesaikan Kejuaraan Beregu Asia 2018 sebagai semifinalis, berhak berangkat ke Bangkok. Mereka mendampingi tim putra yang menjadi juara pada Kejuaraan Beregu Asia.

Sementara itu, berbeda dengan jatah tiket yang disediakan untuk wilayah Asia dan Eropa, tiga benua lain yakni Afrika, Oceania dan Amerika, masing-masing hanya punya satu slot untuk tampil pada putaran final. Hanya juara benua tersebut yang lolos.

Tim putra-putri Kanada menjadi pemilik tiket terakhir menuju Piala Thomas-Uber 2018. Mereka meraihnya setelah mengalahkan tim putra-putri Amerika Serikat pada laga final, Minggu (18/2/2018).

Daftar negara yang akan tampil pada putaran final Piala Thomas-Uber 2018:

Piala Thomas:

Juara bertahan: Denmark
Tuan rumah: Thailand
Afrika: Aljazair
Asia: Indonesia, China, Malaysia, Korea Selatan
Eropa: Jerman, Prancis, Inggris, Rusia
Oceania: Australia
Amerika: Kanada
Peringkat: Taiwan, Jepang, India

Piala Uber:

Juara bertahan: China
Tuan rumah: Thailand
Afrika: Mauritius
Asia: Jepang, Korea Selatan, Indonesia, Taiwan
Eropa: Denmark, Jerman, Rusia, Spanyol
Oceania: Australia
Amerika: Kanada
Peringkat: India, Malaysia, Hongkong

Comments