Mantan pasangan Hendra masuk timnas Malaysia

Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) memutuskan untuk memasukkan nama pemain senior spesialis ganda putra, Tan Boon Heong, ke dalam skuad timnas. Kehadiran pemain berusia 30 tahun tersebut diharapkan bisa membuat sektor ganda Malaysia semakin kuat untuk menghadapi putaran final Piala Thomas 2018.

Tan sudah meninggalkan timnas dan tahun lalu dia memilih jalur profesional berpasangan dengan pemain senior Indonesia, Hendra Setiawan. Dengan pemanggilan ini maka dia berpeluang membela Malaysia pada putaran final Piala Thomas di Bangkok, Thailand, 20-27 Mei.

Saat ini sektor ganda Malaysia sudah diisi Goh V Shem/Tan Wee Kiong sebagai pasangan utama, Ong Ywe Sin/Teo Ee Yi, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani dan Chooi Kah Ming/Low Juan Shen. Namun BAM belum terlalu yakin dengan kekuatan pasangan nomor dua.

“Boon Heong mendapat tawaran BAM dalam jangka panjang guna memperkuat sektor ganda,” ujar Ketua BAM, Datuk Seri Norza Zakaria, dikutip dari The Star.

“Goh/Tan dikonfirmasi sebagai nomor satu, tetapi saya khawatir dengan penampilan ganda kedua,” tambah Norza.

Sebelumnya, pelatih kepala timnas Malaysia, Cheah Soon Kit, mengaku masih mencari pemain pelapis untuk sektor ganda. Mereka ingin membuat skuadnya lebih siap menghadapi Piala Thomas, setelah melihat hasil yang diraih pada Kejuaraan Beregu Asia di Alor Setar, Kedah, Malaysia, 6-11 Februari.

Dalam ajang yang juga menjadi kualifikasi Piala Thomas-Uber tersebut, tim putra Malaysia hanya menjadi semifinalis. Langkah mereka dihentikan oleh China yang menang dengan skor 3-1.

Tampaknya langkah Malaysia memanggil Tan mengikuti apa yang dilakukan Indonesia. PBSI memutuskan untuk memanggil kembali Hendra Setiawan yang tampil impresif pada Kejuaraan Beregu Asia.

Dalam ajang tersebut, Hendra berpasangan dengan Rian Agung Saputro dan mereka menjadi penentu kemenangan pasukan Merah-putih saat mengalahkan China 3-1 pada partai final, Minggu (11/2).

Comments