Alasan Indonesia tetap pasang Rian/Hendra saat final

Tim putra Indonesia tetap memasangkan Rian Agung Saputro/Hendra Setiawan pada laga final Kejuaraan Beregu Asia 2018 melawan China, Minggu (11/2/2018). Padahal, sehari sebelumnya pasangan ini menelan kekalahan saat bertemu Korea Selatan pada partai semifinal.

Rupanya pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi, memiliki alasan khusus untuk mempertahankan pasangan tersebut. Nyatanya, Rian/Hendra yang menjadi penentu kesuksesan Indonesia mempertahankan gelar usai menang 3-1 atas China.

Rian/Hendra, yang tampil pada partai keempat, mengalahkan ganda kedua China, Han Chengkai/Zhou Haodong.

“Saya memang cenderung ke pemain yang berpengalaman dalam event-event penting seperti ini dan pada saat poin-poin penting,” ujar Herry seperti dikutip Badminton Indonesia.

“Seperti Hendra ini yang sudah berpengalaman. Hendra adalah legend, Rian juga sudah beberapa kali ikut Piala Thomas,” tambah Herry.

Sebelumnya, Rian/Hendra memang menelan kekalahan saat melawan Korea Selatan. Melawan Choi Solgyu/Kim Dukyoung, Rian/Hendra kalah 21-11, 18-21, 19-21 sehingga Korea menyamakan skor menjadi 2-2. Beruntung, Indonesia menang pada partai penentu di mana Firman Abdul Kholik menaklukkan Lee Dong-keun sehingga meraih tiket final.

Dalam ajang ini, Indonesia juga menyertakan ganda putra terbaik, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Namun peraih tujuh gelar superseries sepanjang 2017 ini hanya tampil satu kali karena Marcus mengalami cedera.

Comments