Tim putra juara, Rian/Hendra akui sudah siap tempur

Tim bulu tangkis putra Indonesia berhasil menjadi juara sekaligus mempertahankan gelar Kejuaraan Beregu Asia 2018 setelah pada partai final berhasil mengalahkan China dengan skor 3-1, Minggu (12/2/2018).

Keberhasilan itu diraih setelah pada partai keempat, ganda putra, Rian Agung Saputro/Hendra Setiawan, berhasil mengalahkan Han Chengkai/Zhou Haodong dengan skor 21-14, 21-19.

Sebelumnya, Indonesia unggul 2-0 setelah tunggal putra Jonatan Christie dan ganda putra Mohammad Ahsan/Angga Pratama berhasil menyumbang angka. Adapun pada partai ketiga, tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting harus mengakui keunggulan Qiao Bin.

Terkait keberhasilan memastikan kemenangan bagi Indonesia, Rian/Hendra mengaku sudah mempersiapkan laga itu semaksimal mungkin. Mereka pun belajar dari kesalahan-kesalahan sebelumnya.

“Dari awal kami memang sudah siap dengan permainan bola-bola depan, sesuai dengan instruksi pelatih,” kata Hendra seusai pertandingan, seperti dikutip dari badmintonindonesia.org.

“Hari ini kami lebih mengantisipasi dan mempelajari kekalahan kemarin saat kami sering membuat kesalahan sendiri pada saat-saat kritis. Kali ini, kami main lebih agresif,” ujar Rian.

 

Sementara itu, Kepala Pelatih Ganda Putra PP PBSI, Herry Iman Pierngadi, mengaku sengaja menurunkan pemain berpengalaman seperti Hendra Setiawan di partai final.

“Saya memang cenderung ke pemain yang berpengalaman dalam event-event penting seperti ini dan di saat poin-poin penting,” ucap Herry.

“Seperti Hendra ini yang sudah berpengalaman. Hendra adalah legend. Rian juga sudah beberapa kali ikut Piala Thomas. Jadi, memang sengaja menurunkan mereka,” tutur Herry.

Comments