Bulu Tangkis, Lima Pebulu Tangkis Tunggal Putri Terbaik Indonesia

Reputasi Indonesia sebagai negara yang punya atlet bulu tangkis terbaik tidak usah diragukan lagi. Dalam beberapa tahun belakangan Merah Putih mendominasi di nomor ganda putra dan ganda campuran.

Yang jadi perhatian utama adalah lesunya prestasi di nomor tunggal, terutama di nomor tunggal putri. Tidak heran keberhasilan Fitriani meraih juara di Thailand Masters awal tahun ini disambut dengan begitu positif. Betapa berartinya nilai sebuah gelar sebab memang patut diakui betapa sulitnya kita bersaing di nomor ini.

Meski demikian kita takkan pernah lupa juga bahwa ada masanya nomor tunggal putri begitu berjaya. Indonesia pernah memiliki srikandi-srikandi bulu tangkis yang dipandang di mata dunia. Berikut ini adalah lima tunggal putri terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

  1. Susi Susanti

Tak perlu diragukan lagi jika Susi Susanti merupakan pebulu tangkis tunggal putri terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Berbagai gelar juara berhasil didapat oleh wanita kelahiran Tasikmalaya 11 Februari 1979 tersebut.

Gelar perdana individu di ajang internasional ia rengkuh pada SEA Games 1989 di Kuala Lumpur. Istri dari mantan atlet pebulutangkis Alan Budi Kusuma tersebut juga jadi bagian dari Tim Uber Indonesia yang menjadi juara pada 1994 dan 1996. Puncaknya yakni ketika Susi meraih medali emas di Olimpiade 1992 Barcelona. Saat itu ia berhasil menaklukkan wakil Korea Selatan Bang Soo Hyun 5-11, 11-5, dan 11-3.

Prestasi Susi Susanti:
Medali emas Olimpiade 1992
Medali perunggu Olimpiade 1996
Juara World Championship 1993
5 kali juara World Cup
Juara Sudirman Cup 1989
2 kali juara Uber Cup
3 kali medali emas SEA Games kategori tunggal
5 kali medali emas SEA Games kategori tim

Comments