Sulit adaptasi dan soal gaji, Mulyo tinggalkan India?

India bakal kehilangan pelatih asal Indonesia, Mulyo Handoyo. Seperti dikutip dari Thestar, pelatih yang pernah membawa Taufik Hidayat meraih medali emas Olimpiade Athena 2004 ini bakal merapat ke Singapura untuk menjabat posisi pelatih kepala tim nasional negara tersebut.

Mulyo sudah meninggalkan India pada bulan lalu tetapi dia belum resmi mundur dari tim nasional India. Andai benar-benar hengkang, ini tentu saja cukup mengganggu persiapan para pemain tunggal putra India yang akan menghadapi Commonwealth Games 2018 di Gold Coast, Australia, April mendatang.

Rumor perpisahan Mulyo dengan kubu Asosiasi Bulu Tangkis India (BAI) mulai santer terdengar pada pekan lalu. Kabarnya, keluarga Mulyo kesulitan beradaptasi dengan kehidupan di India di samping rumor sang pelatih kurang puas dengan nominal gaji yang ditawarkan BAI.

Sejak bekerja untuk BAI pada Januari tahun lalu, Mulyo sukses memperbaiki prestasi para pemain tunggal putra India. Secara keseluruhan, dia membawa para pebulu tangkis tunggal putra India meraih lima gelar turnamen superseries/superseries premier.

Kidambi Srikanth menjadi pengumpul gelar terbanyak dengan raihan empat trofi dari Indonesian Terbuka, Australian Terbuka, Denmark Terbuka dan Prancis Terbuka. Satu gelar lainnya dipersembahkan oleh B Sai Praneeth yang menjuarai Singapora Terbuka.

Srikanth merupakan kandidat kuat juara tunggal putra pada ajang Commonwealth Games. Selain dia, kandidat lainnya ialah pemain veteran Malaysia, Lee Chong Wei, dan pemain Inggris, Rajiv Ouseph.

Comments