Panduan Singkat Menuju Turnamen Copa America 2019

Musim panas ini memang sepakbola klub-klub Eropa sedang rehat terlebih dahulu. Namun kita bukannya tanpa sajian sepakbola berkualitas. Setelah sebelumnya ada laga empat besar (semifinal dan final) UEFA Nations League 2019, kini ada Piala Dunia Wanita 2019 dan juga Copa America 2019.

Piala Dunia Wanita 2019 sudah berlangsung sepekan lebih, dan besok (Sabtu, 15/6) waktu Indonesia akan dimulai laga fase grup Copa America. Tuan rumah kali ini adalah Brazil yang menggunakan lima kota: Salvador, Rio de Janeiro, São Paulo, Belo Horizonte dan Porto Alegre dengan stadion-stadion Estádio do Maracanã, Estádio do Morumbi, Arena Corinthians, Estádio Mineirão, Arena do Grêmio, dan Itaipava Arena Fonte Nova.

Laga pertama akan mempertemukan tuan rumah Brazil vs Bolivia di Estádio do Morumbi, Sao Paulo. Sedangkan laga puncak akan berlangsung di Estádio do Maracanã, Rio de Janeiro pada 8 Juli mendatang.

Grup A terdiri dari Brazil, Bolivia, Venezuela dan Peru. Kemudian di grup B ada Argentina, Kolombia, Paraguay dan Qatar. Sedangkan di grup C ada Uruguay, Ekuador, Chile dan Jepang. Bagi yang masih bingung dengan kehadiran Jepang dan Qatar, keduanya adalah negara undangan kali ini.

Masing-masing juara grup dan runner-up akan mendapatkan jatah lolos ke perempat final, dan ada dua jatah tambahan bagi peringkat ketiga terbaik untuk lolos ke perempat final Copa America 2019 kali ini.

Maskot turnamen Copa America 2019 adalah Zizito, seekor binatang Kapibara yang merupakan binatang pengerattropis wilayah Brazil dan Amerika selatan. Nama Zizito terinspirasi dari Zizinho seorang top skor Copa America asal Brazil. Slogan Copa America 2019 adalah” Vibra o Continente!”, yang artinya ‘Gemakan Benua Ini!”.

Comments