FITUR: Sosok Chenfan Wang, VSPN, dan Mimpi Besarnya Soal eSports

Bidang eSports terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Apabila pada masa-masa sebelumnya, bidang hanya dianggap sebagai permainan, kini adu keterampilan dalam perangkat elektronik bahkan sudah masuk dalam kategori olahraga, hingga kemudian lebih banyak dikenal sebagai eSports (electronic sports).

Kini eSports semakin populer dan mendapatkan tempat di masyarakat dan eSports terus meningkat bahkan sudah mulai di pertandingkan di ajang olahraga internasional seperti Asian Games. Bahkan ada kemungkinan besar eSports akan segera dipertandingan di ajang olahraga yang lebih besar dan global yaitu Olimpiade.

Berbicara soal eSports, terutama di lingkup Asia, tidak akan terlepas dari sosok Chenfan Wang. Ia merupakan vice president atau wakil presdir dari VSPN sebuah grup global yang menangani turnamen-turnamen eSports dalam skala internasional. Perwakilan FOX Sports Indonesia berkesempatan untuk menemui Chenfan, dan bagaimana sosok ini menceritakan soal VSPN (Versus Programming Network) dan juga soal visi dan masa depan untuk adu keterampilan dalam permainan elektronik atau eSports ini.

Simak ini: Sukses Gelar Turnamen PUBG Mobile di ASEAN, VSPN akan Gelar Turnamen PUBG Mobile Star Challenge

Sebelum bergabung ke VSPN, Chenfan berpengalaman berkerja di Arup, yaitu firma profesional kelas dunia berkantor pusat di London, Inggris. Selanjutnya, Chenfan yang juga memiliki gelar master dari UC Berkeley ini sempat merasakan pengalaman di Silicon Valley dan juga McKinsey Shanghai. Pengalaman besarnya kemudian banyak membantunya untuk terus mengembangkan VSPN yang bergerak di bidang eSports.

VSPN dan Masa Depan eSports di Indonesia.

Chenfan sudah memprakarsai cukup banyak turnamen internasional untuk berbagai kategori. Mulai dari Liga Champions PUBG untuk level Tiongkok, lalu PUBG Mobile Club Open untuk Kawasan Asia Tenggara, serta tiga turnamen besar tahun lalu yaitu PUBG Pro Invitational, PUBG Asia Invitational, dan PUBG Mobile Star Challenge Global Final. Chenfan dan VSPN memang terlihat lebih banyak memprakarsai turnamen jenis permainan PUBG (Player Unknown Battleground). Selain itu mereka juga menggelar turnamen-turnamen eSports untuk jenis-jenis permainan lainnya.

“VSPN berdiri pada empat tahun lalu,” ujar Chenfan memulai pembicaraan.

“Namun VSPN merupakan gabungan dari berbagai tim eSports. Di mana kami masing sudah mengenal selama bertahun-tahun sebelumnya. Beberapa dari kami bahkan sudah berkerja di bidang eSports selama hampir dua dekade. Dan kami sudah memenangkan mayoritas kejuaraan besar eSports di Tiongkok.”

Comments