Kemenpora Akan Buat Undang-undang untuk eSports dan Sport Tourism

FOXSPORTS.CO.ID – Geliat eSport di Indonesia terus berkembang. Berbagai eksebisi dan turnamen berskala internasional terus bergaung baik yang diselenggarakan Indonesia atau diikuti oleh kontingen dari klub Indonesia. Walhasil kini popularitas mereka cukup meroket.

Baru-baru ini, sekretaris dari Kementerian pemuda dan Olahraga RI yaitu Gatot S Dewa Broto menanggapi masalah maraknya eSport di Indonesia. Apalagi di Asian Games 2018 dan SEA games 2019 kemarin, eSport dipertandingkan.

“Semula kami akan mengeluarkan Peraturan Menpora jelang SEA Games 2019 karena esports juga ikut dipertandingkan. Namun setelah melalui beberapa pertimbangan dan mengingat kami akan melakukan revisi Undang-Undang SKN, maka kami akan langsung saja membuatnya ke dalam bentuk Undang-Undang,” ucap Gatot dilansir dari laman Oneesport.

“Undang-Undang pada umumnya bersifatnya left behind atau tertinggal. Kini kami sudah tertinggal jauh dan akan segera melakukan revisi Undang-Undang untuk memasukkan esports dan juga sports tourism,” lanjutnya.

“Hingga detik ini di dalam Undang-Undang SKN, belum ada satu pun yang menyangkut esports. Namun bukan berarti esports ilegal. Sama seperti Undang-Undang ITE yang dahulu belum ada, tetapi tidak membuat media sosial menjadi ilegal.”

 

Comments