Apakah Tahun Ini Dominasi Korea Selatan di League of Legends Akan Hancur?

Dominasi Korea Selatan

League of Legends (LoL) adalah salah satu game paling populer di seluruh dunia. Setelah dirilis pada tahun 2009, game ini terus semakin terkenal meskipun saingan baru keluar setiap tahun. Dalam rentang waktu yang cukup lama, LoL telah menghadirkan banyak momen bersejarah yang membuat penggemar di seluruh dunia terpesona. Meskipun skena Esports League of Legends tidak dapat diprediksi, satu hal yang diketahui oleh setiap penggemar adalah sejauh ini Korea Selatan merupakan yang terbaik untuk menjadi penguasa.

Ini dapat dengan mudah dibuktikan oleh fakta bahwa 5 kejuaraan dunia terakhir telah dimenangkan oleh tim Korea Selatan. Mereka juga mendominasi turnamen Internasional lainnya termasuk Rift Rivals dan MSI.

Sekarang ini menjadi tren karena pemain import dari Korea Selatan bermain di setiap region di LoL. Ini menjadi lebih membingungkan ketika kita melihat fakta bahwa sejak mereka mulai bermain di World Championship, tim Korea Selatan hanya kalah dua seri ‘best of’ ke tim non-Korea lainnya.

Beberapa tim telah mencoba untuk membongkar supremasi mereka tetapi selalu gagal pada saat yang paling penting. Namun semua mulai berubah ketika kita melihat bahwa wilayah lain sedang merangkak naik. Tahun lalu RNG dan Misfits sama-sama membuat SK Telecom T1 memasuki game ke-5 dalam pertandingan sengit dan kalah ketika hanya membutuhan satu kemenangan lagi. SK Telecom T1 akhirnya melaju untuk bermain di final, di mana mereka kalah dari tim Korea Selatan lainnya. Tim kuat asal Tiongkok, RNG berhasil mengalahkan sang juara, Galaxy Samsung sebanyak dua kali di babak grup.

Pertunjukan Tim Royal Never Give Up

Via Riot Games

Namun 2018  memiliki cerita yang berbeda.

Semua berubah ketika RNG mulai bersinar di panggung internasional. Mereka memenangkan Mid Season Invitational (MSI) dengan mengalahkan superteam  dari Korea, Kingzone dragonX. Hasil ini adalah yang pertama sejak 2015 ketika sebuah tim non-Korea berhasil memenangkan turnamen ini.

Selain itu, mereka juga memenangkan Rift Rivals, sementara Tiongkok mengalahkan Korea Selatan di Asian Games yang merupakan hasil yang mengejutkan.

RNG terlebih dulu tampil dominan di Chinese League tetapi selalu kalah melawan tim dari Korea. Mereka sekarang menuju World Championship sebagai tim favorit juara karena mereka berhasil memenangkan satu-satunya turnamen yang bisa dilakukan pada tahun ini. Para pemain mereka sedang dalam performa terbaik dan bintang mereka, Jian ‘Uzi’ Zi-Hao (posisi AD Carry) sekarang berkompetisi untuk menjadi salah satu pemain terbaik sepanjang masa. Zi-Hao lapar akan trofi. Ia sudah pernah ke dua final World Championship tetapi selalu diakhiri kalah.

Akankah RNG mengakhiri kedigdayaan Korea dan memulai era baru? Atau sama seperti setiap tahun lainnya, tim Korea Selatan akan menunjukkan kepada dunia mengapa mereka yang terbaik?

Comments